Sukses

3 Cara Meredakan Mata Bengkak Usai Menangis

Liputan6.com, Jakarta Menangis merupakan sebuah ekspresi dari emosi yang dirasakan oleh seseorang. Entah itu karena sedih, terlalu banyak tertawa, dan terharu. Namun terlalu banyak menangis dapat membuat mata bengkak.

Hal ini disebabkan kelenjar mata dipaksa bekerja lebih keras dan mengeluarkan terlalu banyak air mata, sehingga mata mengalami peradangan.

Mata bengkak akibat menangis tidak dapat dihilangkan begitu saja. Dilansir dari InStyle pada Jumat (23/3/2018), ada tiga cara mudah yang dapat Anda coba untuk meredakan bengkak pada area mata setelah menangis, penasaran apa saja?

1. Kompres dengan gel mentimum yang dibekukan

Setelah menangis selama kurang lebih sejam, biasanya mata akan bengkak. Kompres dengan sesuatu yang dingin diketahui dapat mengurangi pembengkakan. Caranya, bekukan gel mentimun kemasan. Kemudian letakkan di atas mata selama 10 menit. Suhu dingin pada kemasan gel beku itu akan terasa sangat nyaman di kulit. Setelah 10 menit, angkat gel kemasan tersebut. Untuk menyamarkan bekas bengkak, gunakan concealer sebelum keluar rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kompres dengan air bunga chamomile

 

Anda bisa mengurangi bengkak pada mata setelah menangis dengan khasiat bunga chamomile. Air bunga chamomile sendiri mengandung bahan-bahan yang menyegarkan dan menenangkan area mata. Air bunga chamomile ini juga mudah dibawa untuk bepergian. Caranya, masukkan kain ke dalam larutan bunga chamomile. Biarkan kain menyerap semua airnya hingga habis. Kemudian letakkan kain di atas mata selama 10 menit.

3 dari 3 halaman

3. Gunakan masker pendingin

Untuk mengurangi bengkak setelah menangis, Anda bisa gunakan masker pendingin. Kandungan padina pavonica dan chlorella yang terdapat masker pendingin, berfungsi memberikan efek pengencangan pada kulit. Sementara kandungan asam hialuronatnya mampu menghidrasi area kulit yang sensitif. Gunakan masker pendingin ini seperti menggunakan masker pada umumnya. Lepas pelindungnya terlebih dahulu kemudian tempelkan pada wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.