Sukses

Penting Gunakan Tabir Surya Ketika Naik Pesawat, Kenapa?

Anda harus menggunakan tabir surya ketika hendak melakukan perjalanan dengan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Tabir surya Ada banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan soal perawatan diri ketika bepergian. Salah satu perawatan diri yang perlu dilakukan sebelum naik pesawat adalah menggunakan tabir surya.

Meski di dalam pesawat, duduk di pesawat dapat membuat Anda lebih terpapar sinar matahari yang berbahaya. Sehingga dibutuhkan tabir surya untuk melindunginya.

"Meskipun jendela pesawat bisa menghalangi sinar UVB, sinar UVA masih bisa menembus dan memberikan paparan dengan tingkat tinggi. Paparan sinar UV tidak selalu melakukan perjalanan sejauh mungkin untuk dapat menyebabkan kerusakan. Namun kerusakan bisa jauh lebih hebat ketika berada pada ketinggian yang lebih tinggi," ujar Dr Marisa Garshick seorang ahli dermatologi dari Weill Cornell Medical College.

Melansir dari InStyle pada Minggu (25/3/2018), hubungan antara terbakar sinar matahari dan penerbangan juga dievaluasi dalam penelitian yang diterbitkan dalam Dermatologi JAMA pada 2015. Penelitian tersebut mengukur jumlah radiasi UV di dalam kokpit pesawat.

Para peneliti menemukan bahwa pada ketinggian 30.000 kaki, seseorang dapat terpapar karsinogen berbahaya selama 56 menit. Bahayanya setara dengan apa yang didapatkan ketika berada di kokpit pesawat selama 20 menit. Inilah yang membuat para penumpang wajib mengenakan tabir surya ketika berada di pesawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan harus gunakan tabir surya ketika naik pesawat

Meskipun pilot dan awak kabin memiliki risiko lebih tinggi terhadap paparan sinar matahari, semua penumpang yang duduk di sebelah jendela juga harus menggunakan tabir surya.

Dr Garshick menambahkan bahwa pentingnya para penumpang untuk melindungi dari sinar UVA. Karena UVA sendiri dapat menjadi penyebab penuaan kulit dan kanker kulit. Dr Garshick pun merekomendasikan agar para penumpang pesawat menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Tabir surya dengan SPF 30 cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Tabir surya harus digunakan sekitar 30 menit sebelum penerbangan. Penggunaan harus diulang setiap dua jam sekali, terutama jika Anda melakukan penerbangan jangka panjang. Selama produk tabir surya yang Anda gunakan sesuai batas, yakni 3,4 ons, Anda bisa membawa tabir surya Anda dalam bentuk krim atau semprot di tas selama penerbangan.

 

3 dari 3 halaman

Gunakan riasan yang mengandung SPF

Jika Anda melakukan penerbangan dengan riasan, pastikan bahwa riasan yang Anda gunakan mengandung SPF 30. Aplikasikan kembali produk riasan tersebut setiap dua jam sekali.

"Kebanyakan makeup tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan. Dalam hal ini, tidak masalah selama mengandung tabir surya. Ada beberapa bubuk tabir surya yang bisa digunakan, seperti Colorescience Sunforgettable Mineral SPF 50 Sunscreen. Ini lebih mudah diaplikasikan," ujar Dr Garshick.

Jika kulit Anda mengering karena tekanan udara yang menurun, Anda dapat menggunakan pelembab yang mengandung SPF. Sehingga kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik sekaligus melawan radiasi berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.