Sukses

8 Tips Alami Memudarkan Stretch Mark dari Bahan di Dapur

Liputan6.com, Jakarta Stretch mark biasanya dihubungkan dengan kehamilan. Namun sebenarnya stretch mark timbul karena beragam faktor, seperti perubahan berat badan yang drastis atau jika seseorang mengalami ketidakseimbangan hormon.

Stretch mark tidak akan hilang dengan sendirinya. Diperlukan perawatan khusus untuk memudarkannya. Mengutip dari Bright Side, Rabu (22/3/2018), terdapat delapan tips alami untuk memudarkan stretch mark secara efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Tips Alami Pudarkan Stretch Mark

1. Minum banyak air

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika Anda cukup minum air, kulit akan tetap lembut dan lebih elastis. Air akan membuat kulit Anda lembab, sementara kulit kering cenderung lebih rentan terhadap munculnya stretch mark, bekas luka, dan keriput. Studi menunjukkan penting untuk minum sekitar 8-9 gelas air setiap hari.

2. Jus lemon

Vitamin C yang dikandung oleh lemon dapat meningkatkan perkembangan kolagen sehingga membuat kulit lebih elastis. Jus lemon yang asam juga mampu mempercepat hilangnya sel kulit mati. Ini akan menghilangkan stretch mark secara efektif. Caranya, gosokkan jus lemon pada area kulit yang memiliki stretch mark. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan penyembuh kulit alami. Antioksidan dalam lidah buaya mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain itu, lidah buaya juga kaya kolagen yang membuat kulit lebih lembut dan elastis. Sebelum menggunakan lidah buaya, pastikan Anda tidak memiliki alergi. Jika tidak alergi, gosokkan dengan baik pada stretch mark. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Gosokkan minyak jarak

Minyak jarak kaya asam risinoleat yang membantu menyembuhkan stretch mark. Asam lemak yang dikandung minyak jarak berfungsi sebagai pelembap yang sempurna. Caranya, gunakan minyak jarak untuk memijat kulit di area yang terdapat stretch mark. Kemudian tutupi daerah tersebut selama 20-30 menit dengan lembaran plastik. Untuk efek lebih baik, panaskan kulit dengan botol air panas.

3 dari 3 halaman

8 Tips Alami Pudarkan Stretch Mark

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya asam laurat yang membantu memperbaiki kerusakan kulit. Menerapkan minyak kelapa pada stretch mark setiap hari, membantu kulit Anda sembuh lebih cepat. Paling tidak, stretch mark berkurang. Caranya, pijat area yang terdapat stretch mark dengan minyak kelapa selama 2-3 menit. Biarkan minyak kelapa terserap sempurna di kulit.

6. Sembuhkan dengan vitamin A

Vitamin A mampu memperbaiki stretch mark yang belum terlalu parah dan membuat kulit lebih halus. Anda bisa mengonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen, buah-buahan, sayur-sayuran hijau dan kuning, telur, ikan, produk susu, dan hati.

7. Eksfoliasi dengan scrub gula

Gula secara efektif membuat sel kulit mati mengelupas, terutama di area stretch mark. Eksfoliasi juga meningkatkan sirkulasi darah. Caranya campur setengah cangkir gula dengan air hingga mendapatkan tekstur seperti pasta. Oleskan di area stretch mark menggunakan gerakan memijat. Biarkan selama 2-3 menit. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

8. Putih telur

Putih telur mengandung protein yang membantu regenerasi kulit. Selain itu, juga terdapat kolagen yang membantu kulit lebih elastis. Anda bisa menggunakan putih telur untuk menghilangkan stretch mark. Caranya, kocok putih telur kemudian aplikasikan secara lembut pada stretch mark. Diamkan hingga putih telur mengering. Kemudian cuci bersih dengan air hangat. Oleskan pelembab ke kulit Anda. Lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.