Sukses

Pikirkan Lagi 5 Hal Ini agar Pernikahan Tetap Sesuai Anggaran

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan tidak harus membuat Anda mengeluarkan banyak uang atau berutang besar. Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang indah yang memang tidak bisa lepas dari masalah biaya.

Faktanya, dilansir dari sheknows.com, Senin (19/3/2018), ada beberapa hal yang bisa Anda pikirkan kembali untuk menghemat anggaran sebuah pernikahan. Apa saja?

1. Bunga

Ketika merencanakan sebuah pernikahan, pahami berapa anggaran yang Anda miliki dan tentukan dengan tepat apa saja yang bisa didapatkan. Jika memang harus menggunakan bunga, coba memindahkannya dari satu acara ke acara lainnya, seperti penobatan ke resepsi.

Memindahkan bunga akan memaksimalkan penggunaannya dan menghemat anggaran pernikahan Anda. Pastikan Anda memiliki seseorang untuk mengoordinasikan hal ini.

2. Tambahan

Salah satu hal yang paling banyak menghabiskan uang saat Anda merencanakan pernikahan adalah hal-hal kecil, seperti tunas-tunas untuk dipasang di meja atau kain untuk menyajikan koktail.

Tamu undangan hanya akan memperhatikan makanan, minuman, dan energi cinta dari pasangan pengantin. Mereka tidak akan benar-benar peduli tentang sentuhan kecil yang Anda gunakan pada acara pernikahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara agar pernikahan sesuai anggaran

3. Gaun pengantin

Setiap pasangan harus memberi sedikit waktu dan perhatian untuk gaun pengantin yang akan dibeli. Uang yang dianggarkan untuk sebuah gaun pengantin biasanya adalah yang terbesar dan sebaiknya Anda membawa pulang yang terbaik.

4. Program pernikahan

Jangan terlalu memikirkan program pernikahan, karena tamu undahan pada akhirnya hanya akan menikmati acara sepenuhnya.

3 dari 3 halaman

Cara agar pernikahan sesuai anggaran

5. Tempat pernikahan

Tempat pernikahan juga akan benar-benar menghabiskan anggaran Anda dan pasangan jika tidak dipikirkan matang-matang. Ketika akan menyewa tempat pernikahan, cobalah lakukan di hari kerja atau tidak saat musim libur agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Intinya, pernikahan mungkin hanya berlangsung paling lama satu hari, jangan biarkan Anda berutang selama satu tahun untuk hari tersebut. Tetapkan anggaran pernikahan dan berpegang pada angka tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.