Sukses

Lakukan Ini Ketika Rekan Kerja Mendapat Gaji yang Lebih Besar

Ternyata rekan kerja Anda mendapat gaji yang lebih besar. Ini yang harus Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang lebih menyebalkan ketikan Anda tanpa sengaja mengetahui bahwa rekan kerja mendapatkan gaji yang lebih besar. Apalagi Anda tahu bahwa kinerjanya biasa saja.

Satu level, beban kerja sama, kok bisa ia mendapat gaji yang lebih besar? Apa yang salah?

Saat menghadapi situasi seperti ini, tenang. Jangan emosi dulu. Emosi hanya akan merugikan diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Pertama-tama, pastikan memang betul rekan kerja gajinya lebih besar. Bila sudah mendapatkan konfirmasi bahwa gaji si dia lebih besar, barulah bertindak. Menurut DuitPintar.com, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan ketika mengetahui rekan kerja mendapatkan gaji yang lebih besar.

1. Minta naik gaji

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah minta naik gaji ke atasan langsung. Tapi jangan membawa info gaji rekan kerja lebih besar sebagai alasan utama meminta kenaikan gaji. Bisa jadi Anda dituding cemburu semata.

Sebelum maju, buat dulu daftar prestasi Anda. Misalnya selalu melebihi target atau mampu mendatangkan klien besar untuk perusahaan. Bila ada e-mail atau pesan singkat  yang menunjukkan bukti kepuasan klien, rekan kerja, atau atasan, siapkan juga.

Setelah itu, barulah menghadap atasan untuk minta naik gaji. Sebaiknya bicarakan soal kenaikan gaji ini menjelang usainya jam kerja. Kalau pagi hari, bisa-bisa merusak suasana kerja hingga sore hari jika ternyata atasan tak setuju dan justru tersinggung.

2. Bicarakan kepada HRD

Pilihan lainnya adalah bicara ke HRD. Terutama bila perbedaan gaji yang Anda terima terindikasi disebabkan oleh diskriminasi, misalnya perbedaan gender.

Bukan mustahil jenis kelamin menghalangi Anda meraih gaji lebih besar, terutama bila Anda perempuan. Ini memang kenyataan yang menyedihkan.

Menurut survei Badan Pusat Statistik, rata-rata gaji buruh perempuan lebih rendah daripada pria. Buruh di sini termasuk karyawan kantoran. Di mana-mana, yang masih menerima gaji itu disebut buruh.

Tanyakan secara baik-baik perihal perbedaan gaji itu. Bila ternyata benar ada perbedaan berdasarkan gender atau hal lain yang tidak relevan dengan pekerjaan, saatnya membuat aksi. Antara lain dengan melaporkannya ke serikat pekerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Cari pekerjaan baru

Kalau ternyata atasan tidak mau menaikkan gaji dengan alasan apa pun, sementara HRD pun tak mau kompromi dengan kebijakannya soal gaji, mungkin jalan satu-satunya adalah cari pekerjaan baru. Daripada tidak bisa kerja maksimal karena merasa diperlakukan tidak adil?

Bila Anda memutuskan tetap bekerja di sana, bisa jadi terus makan hati. Lebih baik memaksimalkan potensi diri di tempat lain yang lebih menghargai kinerja kita.

Saat hendak resign, kemukakan persoalan gaji ini ke HRD sebagai alasan utama. Pengungkapan itu akan membuat hati terasa lega. Siapa tahu HRD jadi berubah sikap.

Bila tidak, paling tidak kita sudah membuat contoh tegas buat rekan kerja lain yang juga lebih kecil gajinya karena alasan yang tak masuk akal. Buat apa berlama-lama di tempat kerja yang tidak menghargai kita.

 

3 dari 3 halaman

4. Tak berbuat apa pun

Langkah ini khusus diperuntukkan bagi Anda yang tidak yakin betul rekan kerja gajinya lebih besar. Bukti adalah yang utama.

Bila asal minta naik gaji, apalagi dengan cara memaksa, bukan mustahil malah Anda dipecat karena dinilai tidak etis. Cara yang paling aman tentunya tetap bekerja sambil menjaga pikiran positif.

Toh, jika bekerja dengan baik, bisa jadi kelak Anda akan melebihi level si rekan kerja yang gajinya Anda sangka lebih besar itu. Kalau sudah naik level tapi gajinya tetap kalah, berarti memang ada yang salah dengan manajemen.

Gaji adalah ukuran kemampuan atau kinerja seseorang dalam perusahaan. Namun banyak faktor yang berpengaruh, dari pengalaman sampai kebijakan pemerintah.

Satu hal yang pasti, gaji haruslah sesuai dengan aturan upah minimum. Kalau gaji Anda di bawah upah minimum, ditambah rekan kerja gajinya lebih tinggi, laporkan perusahaan itu ke dinas tenaga kerja karena menyalahi aturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.