Sukses

Sadari Rekan Kerja Psikopat dengan 6 Tanda Ini

Liputan6.com, Jakarta Setiap rekan kerja yang Anda temui di tempat kerja terkadang memiliki sikap yang negatif. Seperti memiliki teman kerja yang bisa senang dan kemudian marah, Anda perlu menyadarinya sebagai tanda-tanda psikopat

Bagi orang-orang yang bekerja dengan psikopat, akan menimbulkan lebih banyak intimidasi dan stres. Selain itu, lingkungan kerja juga menjadi penuh dengan konflik dan produktivitas menurun. Psikopat sendiri memiliki pesona yang persuasif, berkarisma, memiliki kecerdasan, dan berani mengambil risiko.

Dilansir dari She Knows, Minggu (18/3/2018), terdapat studi terbaru yang menemukan bahwa tingkat psikopat di perusahaan profesional adalah 21 persen. Sedangkan sifat psikopat ini justru mampu membuat orang lebih mudah naik jabatan. Lantas, seperti apa tanda-tanda dari rekan kerja yang psikopat?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sadari Rekan Kerja Psikopat dengan 6 Tanda Ini

1. Menawan

Seorang psikopat sangat menawan pada kesan pertama. Mereka akan tampil ramah dan karismatik di awal. Namun seiring berjalannya waktu, pesona mereka yang ramah meluntur. Berganti dengan sikap mereka yang membuat Anda seakan terus-menerus melakukan kesalahan.

2. Aneh

Orang psikopat memiliki sikap yang aneh. Ia akan terus mengawasi setiap gerakan orang yang mereka anggap bisa dikendalikan. Seorang psikopat akan melakukan semua yang mereka bisa pada orang yang kurang cerdas, memiliki posisi lemah, dan melucuti karyawannya ketika mengambil keputusan.

3. Narsis

Seorang psikopat memiliki emosi yang memuaskan diri sendiri. Ia akan berpura-pura memperhatikan orang lain dan penyayang. Hingga di saat yang tepat, ia akan mengeksploitasi diri Anda.

Ketika dalam proses mengeksploitasi seseorang, ia akan membanggakan diri sendiri dan sombong. Hal ini akan semakin jelas terlihat ketika ia mengabaikan persahabatan dan mendepak orang lain tanpa alasan yang jelas.

3 dari 3 halaman

Sadari Rekan Kerja Psikopat dengan 6 Tanda Ini

4. Penipu

Psikopat bekerja dengan mengandalkan kode moral. Psikopat sangat terampil untuk menghindari pertanggungjawaban atas kesalahan yang ia buat. Ia akan berbohong, menghilangkan informasi, melakukan pembenaran, dan menyalahartikan fakta.

5. Menghindari tanggung jawab

Psikopat akan merasa memiliki hak lebih. Ia akan memposisikan dirinya sebagai korban untuk membersihkan tanggung jawabnya sendiri. Ia tidak akan pernah bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat dan mengalihkan kesalahan tersebut pada orang lain. Hal ini dilakukan untuk membersihkan nama mereka.

6. Mengambil risiko ekstrem

Psikopat bergerak dengan cepat tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Dengan tekanan tinggi, psikopat mampu bekerja dengan tenang dan mengambil jalan pintas untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Psikopat dikenal kepribadian anti-sosial, merupakan gangguan kepribadian yang ditandai kurangnya empati dan kebiasaan melanggar peraturan.

    Psikopat

  • rekan kerja