Sukses

Kulit Wajah Memerah Tiba-Tiba? Ini Alasannya

Penasaran mengapa kulit wajah Anda memerah secara tiba-tiba? Simak di sini alasan nyatanya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang mendapati kulit wajah memerah, mengaplikasikan concealer bukanlah jawaban. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menemukan penyebabnya.

Dilansir dari brides.com, Rabu (14/3/2018), ada beberapa penyebab dari kulit wajah memerah secara tiba-tiba, seperti sensitif. Jika kulit wajah memerah setelah mengoleskan pembersih, pelembap, atau produk makeup tertentu, Anda mungkin mengalami reaksi terhadap bahan atau aroma tertentu.

Biarkan beberapa hari, kulit wajah Anda bebas dari makeup yang berat dan gunakan makeup dasar saja, serta beralihlah pada pembersih dan pelembap hypoallergenic. Setelah itu, mulai tambahkan produk satu per satu untuk melihat penyebab dari reaksi tersebut pada kulit wajah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa alasan nyata kulit wajah Anda memerah secara tiba-tiba

Jika dengan produk hypoallergenic sekalipun, kulit wajah Anda masih memerah, maka kemungkinan besar pemicunya adalah lingkungan, seperti pembersih rumah tangga atau alergen di udara. Atau Anda terlalu sering menggunakan produk dengan bahan yang keras, seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan retinoid yang dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan, terutama pada bulan pertama pemakaian.

Kulit wajah memerah yang disertai sensasi menyengat atau terbakar, bahkan sebelum Anda menggunakan produk apapun, ini bisa jadi gejala rosacea. Tidak ada obat untuk menyembuhkan kelainan ini.

3 dari 3 halaman

Beberapa alasan nyata kulit wajah Anda memerah secara tiba-tiba

Kulit wajah Anda akan seperti terbakar sinar matahari, kadang disertai dengan benjolan dan jerawat. Alasan terakhir adalah penuaan.

Kerusakan akibat sinar matahari dan kehilangan kolagen karena faktor usia bisa menipiskan kulit wajah dari waktu ke waktu, membuat pembuluh darah di bawahnya menjadi lebih terlihat. Gunakan produk retinol dengan versi yang lebih lembut untuk menghindari iritasi dan kemerahan yang semakin parah pada kulit wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.