Sukses

8 Khasiat Tersembunyi Daun Jambu Biji bagi Kecantikan

Ini khasiat daun jambu biji bagi kecantikan. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Daun jambu biji diketahui banyak manfaat bagi kesehatan. Namun ternyata daun jambu biji juga memiliki khasiat bagi kecantikan. Dilansir dari Boldsky pada Rabu (14/3/2018) daun jambu biji sangat baik bagi kulit dan rambut.

Daun jambu biji sendiri memiliki sifat analgesik, anti-inflamassi, antimikroba, dan antioksidan yang membantu menyembuhkan masalah kecantikan kulit dan rambut. Apa saja khasiatnya? Simak informasinya berikut ini!

1. Menghilangkan komedo

Daun jambu biji dapat bekerja dengan sangat baik ketika menghilangkan komedo. Ambil beberapa daun jambu biji dan rebus. Kemudian campurkan air rebusan dengan bubuk kunyit. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan gosok perlahan dengan ujung jari. Kemudian cuci bersih dengan biasa. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

2. Mengurangi jerawat dan bintik hitam

Daun jambu biji bisa berfungsi sebagai antibakteri yang membantu menghilangkan sel penyebab jerawat. Hal ini juga dapat membantu mengurangi bintik hitam dan noda lainnya pada kulit. Ambil beberapa daun jambu biji dan tumbuk hingga halus. Balur pada area yang terdapat jerawat dan bintik hitam. Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menghilangkan kerutan

Daun jambu biji memiliki khasiat untuk menghilangkan keriput dan mampu mengatasi efek radikal bebas pada wajah. Caranya, rebus beberapa daun jambu biji untuk mengekstrak sarinya. Gunakan ekstrak daun jambu biji ini untuk dioleskan pada wajah. Penggunaan secara teratur bisa membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki warna kulit.

4. Mengurangi gatal

Daun jambu biji juga mengandung zat yang mengurangi gatal pada kulit akibat peradangan. Ini juga menjadi solusi untuk mengatasi alergi kulit lainnya. Caranya, haluskan daun jambu biji kemudian balur pada daerah kulit yang terkena radang dan gatal.

5. Mencegah rambut rontok

Kandungan antioksidan membuat daun jambu biji mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini menjadi salah satu perawatan alami untuk melawan rambut rontok. Ambil beberapa daun jambu biji untuk direbus selama 20 menit. Biarkan air rebusan hingga dingin. Kemudian oleskan air matang ini ke rambut dan kulit kepala. Pijat selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.

3 dari 3 halaman

6. Menyembuhkan infeksi kulit kepala

Pijatan air daun jambu biji dapat membuat infeksi pada kulit kepala lebih cepat membaik. Biarkan selama 25 menit dan bilas dengan air dingin. Daun jambu biji ini juga berfungsi sebagai conditioner. Ulangi dua kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat.

7. Mencerahkan kulit

Daun jambu biji mampu mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri dan membuat kulit lebih sehat. Sehingga warna kulit menjadi lebih cerah. Campurkan beberapa daun jambu biji dengan kunyit dan air mawar. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

8. Menjaga kebersihan mulut

Daun jambu yang lunak bisa digunakan sebagai obat kumur. Rebus beberapa daun jambu biji dan tambahkan garam. Setelah larutan mendingin, gunakan sebagai obat kumur. Lakukan perawatan ini dua kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.