Sukses

Mandi di Malam Hari Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Benarkah?

Tahukah Anda bahwa mandi di malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak? Simak di sini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Mandi di pagi hari tentu dapat membangunkan Anda dari malam yang panjang, sekaligus meningkatkan kreativitas dalam bekerja sepanjang hari. Namun, benarkah bahwa mandi di malam hari dapat membuat tidur lebih nyenyak?

Trik utamanya adalah tepat waktu dan tidak terlambat. Dilansir dari instyle.com, Selasa (13/3/2018), suhu tubuh berperan penting dalam mengatur ritme sirkadian, memberitahu tubuh kapan harus merasa ngantuk dan tidur atau terjaga.

Di siang hari, suhu tubuh alami akan naik sampai dengan sore hari. Pendinginan ini adalah sinyal untuk waktu tidur, mengganggu proses ini akan membuat Anda lebih sulit tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandi malam bisa buat tidur Anda lebih nyenyak

Mandi lebih awal di malam hari akan memberi tubuh kesempatan untuk pendinginan dan memicu tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan tubuh dengan mandi bisa membantu menginduksi tidur, jika Anda memiliki cukup waktu untuk pendinginan sesudahnya.

Sebagian besar penelitian menyatakan bahwa mandi selama 20 menit akan memberi Anda manfaat yang sama. Beri waktu selama sekitar satu setengah jam setelah mandi, sebelum akhirnya Anda berbaring di tempat tidur, memberi tubuh waktu yang cukup untuk bersiap tidur.

3 dari 3 halaman

Mandi malam bisa buat tidur Anda lebih nyenyak

Selain itu, ritual pembersihan sebelum tidur akan membantu mengurangi jerawat, mencegah keriput, dan membuat berbagai produk perawatan kecantikan Anda bekerja lebih efektif. Jadi, apakah Anda selalu mandi sebelum tidur di malam hari?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.