Sukses

7 Hal yang Bikin Momen Traveling Berantakan, Apa Saja?

Traveling yang seharusnya jadi aktivitas bersenang-senang dan melepas penat, terkadang malah justru jadi momen paling menyebalkan.

Liputan6.com, Jakarta Traveling yang seharusnya menjadi aktivitas bersenang-senang dan melepas penat, terkadang malah justru menjadi momen yang paling menyebalkan. Hal ini kerap terjadi lantaran kurangnya pengetahuan dan minimnya observasi saat ingin traveling, padahal ada pepatah mengatakan “traveling tanpa observasi sama halnya dengan burung tanpa sayap”.  

Bagi Anda yang ingin traveling, berikut tujuh situasi tak terduga saat traveling ini yang perlu diantisipasi. Jangan sampai momen traveling yang sudah dinanti-nanti malah membuat Anda stres.

1. Destinasi wisata yang lagi ramai-ramainya

Saking lagi hitsnya, destinasi wisata yang Anda tuju bisa ramai sekali. Sepanjang mata melihat, hanya ada lautan manusia. Hanya ingin ke toilet saja, kamu bisa menunggu hingga berjam-jam.

Bukannya melepas stres, kamu malah bisa mendapat stres akut di sini. Oleh karena itu, sebelum berangkat, lihat dulu review tempat tersebut dan lihat kapan peak season atau waktu ramai-ramainya destinasi wisata tersebut. Sedikit browsing bisa menyelamatkan moodmu nanti lho.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Taksi yang harganya bisa selangit

Ini nih yang nyebelin. Mentang-mentang Anda turis, taksi atau transportasi lainnya bisa mematok harga yang tak wajar. Walaupun sudah ada argo atau alat pengukur perjalanan lainnya, terkadang sering dijumpai sopir/driver nakal. Alhasil, duit yang seharusnya untuk bersenang-senang bisa ludes hanya untuk biaya perjalanan saja. Agar tak mengalami ini, pastikan dulu ongkos normal transportasi di daerah destinasi wisata Anda ya!

 

3 dari 7 halaman

3. Tiket pesawat murah yang biayanya tiba-tiba naik

Sering saat traveling, Anda membawa barang yang tak penting. Barang yang seharusnya hanya satu koper bisa bertambah jadi dua koper dan satu tas tangan. Sesampainya di bandara, Anda bisa pusing karena barang bawaan yang Anda bawa ternyata punya biaya tersendiri. Alhasil, tiket murah yang Anda beli sebelumnya bisa jadi mahal karena bagasimu kelebihan berat.

Agar tak bingung, AirAsia punya paket yang cocok untukmu. Maskapai yang terkenal sebagai low cost carrier (LCC) ini memiliki value pack atau paket hemat yang terdiri dari 4 keuntungan. Apa saja sih?

Pertama, kamu bisa mendapatkan pilihan kursimu sendiri selama masih ada di baris 19-31. Kedua, bagasi sebesar 20 kg. Ketiga, makanan dengan pilihan vegetarian atau non-vegetarian. Terakhir, ada juga asuransi perjalanan dengan jaminan 1 hour On Time Guarantee. Jadi kalau penerbangan kamu delay lebih dari 1 jam, kamu bisa dapat penggantian senilai 800 ribu Selain itu, ada juga jaminan asuransi jika bagasimu terlambat.

 

4 dari 7 halaman

4. Dapat tempat hangout yang nggak asyik

Seringkali review tempat nongkrong yang ada di internet tidak cocok dengan kenyataan. Kenyataan bisa nongkrong di tempat yang hits dan populer malah jauh dari ekspektasi. Misalnya, kamu ingin menikmati suasana sunset syahdu tapi harus ditemani oleh tumpukan sampah berserakan di mana-mana. Atau malah karena kurang perawatan, destinasi wisata itu jadi seperti tempat yang terlantar. Biar nggak seperti ini, kamu bisa mencari informasi dari orang lokal atau guide yang terpercaya.

 

5 dari 7 halaman

5. Harga makanan di restoran yang terlalu mahal

Wisata kuliner jadi bagian yang tak terpisahkan dari traveling. Kuliner lokal mempunyai daya tarik tersendiri pagi para traveller. Selain khas, pengalaman menyantap makanan langsung di tempatnya bisa jadi cerita di kemudian hari. Sayangnya, jika tak teliti, kamu bisa saja mendapat restoran yang harganya terlalu mahal. Sudah makan kenyang, tapi dompet malah seperti orang kelaparan. Sebelum duduk, pastikan dulu untuk menanyakan daftar harganya ya.

 

6 dari 7 halaman

6. Ketemu calo

Di destinasi wisata yang lagi ramai biasanya banyak calo yang beraksi. Mereka menawarkan harga tiket masuk atau sebagainya dengan harga selangit. Tiket yang seharusnya digunakan untuk para traveller malah diambil semua oleh calo. Karena kehabisan opsi, traveller harus membayar harga tinggi untuk sebuah tiket. Zaman sekarang, kamu bisa menghindari para calo dengan memesan tiket masuk destinasi wisata lewat online lho.

 

7 dari 7 halaman

7. Tersesat di destinasi wisata

Saking asyiknya berkelana, kamu bisa saja tersesat. Sialnya lagi, baterai HP juga sudah habis karena dipakai selfie. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari jalan pulang. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa peta kertas wilayah destinasi yang kamu tuju. Jangan malu juga untuk bertanya ke orang lokal. Ingat pepatah berkata, malu bertanya sesat di jalan.

Reporter: -Sumber: Brilio.net

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.