Sukses

Cara Optimal Rawat Siku yang Kering

Kulit siku yang kering memang mengganggu penampilan. Atasi dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh para wanita ialah siku yang kering. Kondisi ini dapat mempengaruhi area siku Anda sehingga tampak tak indah. Kondisi siku yang kering juga bisa menyebabkan penumpukan kulit sehingga siku terlihat gelap.

Hal ini disebabkan oleh tebalnya kulit pada area siku karena harus mampu menahan gerakan peregangan secara konstan. Selain itu, kelenjar minyak pada area siku juga lebih sedikit sehingga bagian ini cenderung lebih mudah kering jika dibandingkan dengan area kulit lainnya.

Selain akibat ketebalan kulit dan minimnya kelenjar minyak pada siku, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan siku kering. Di antaranya adalah gesekan antara kulit dan pakaian, dehidrasi, kebiasaan merokok, perubahan hormon, dan penyakit kulit eczema. Memang tidak ada kondisi kesehatan parah yang dapat diakibatkan oleh kondisi ini. Hanya saja, siku kering sering dianggap mengganggu karena tampilannya yang terlihat gelap dan kusam. Bahkan jika didiamkan, kondisi yang terlalu kering bisa menimbulkan rasa sakit atau perih. Yuk, rawat dengan cara-cara berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Jangan kulit wajah saja yang dieksfoliasi, kulit siku pun membutuhkan eksfoliasi rutin, lho! kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit siku saat mandi sebanyak 2-3 kali seminggu menggunakan loofah, pumice, atau exfoliating scrub. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati dan membuat siku menjadi terlihat sehat, cerah, dan halus. Sesudah melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk segera mengaplikasikan pelembap pada siku.

Turunkan Suhu Air Mandi

Mandi dan berendam air hangat setelah seharian beraktivitas mungkin terdengar menyenangkan. Namun, kebiasaan ini dapat membuat kulit siku semakin kering. Coba turunkan suhu air mandi kamu menjadi hangat suam-suam kuku. Dengan begitu, air mandi yang digunakan tidak akan bersifat terlalu mengeringkan. Selain itu, mandi dalam durasi yang lama juga dapat menyebabkan kulit siku kering. Batasi waktu mandi dan berendam menggunakan air hangat untuk mencegah kulit semakin kering. Jangan lupa untuk segera mengaplikasikan pelembap seusai mandi.

 

3 dari 3 halaman

Lembapkan Siku dengan Emollient Cream

Untuk mengatasi kulit siku kering, penggunaan lotion biasa tidaklah cukup. Butuh pelembap dengan intensitas tinggi untuk menjaga kelebapan dari siku. Salah satu produk yang dapat kamu gunakan untuk merawat siku kering adalah emolient cream. Jenis krim ini dapat menjaga hidrasi pada kulit sekaligus membentuk lapisan pelindung kulit. Agar kelembapan kulit sikut dapat terjaga secara maksimal, kamu bisa mencari produk yang memiliki kandungan lanolin, soy streol, dan sunflower seed oil.

Perhatikan Bahan Pakaian yang kamu Kenakan

Pakaian atau selimut yang kamu gunakan juga dapat menjadi penyebab dari siku kering, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Ada jenis-jenis kain tertentu yang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit sensitif. Jika kamu menyadari perubahan tekstur saat kulit bergesekan dengan jenis kain tertentu, hentikan penggunaan material tersebut dan ganti dengan kain yang lebih ramah terhadap kulit. Selain memperhatikan material pakaian dan selimut, pastikan juga detergen yang kamu gunakan bebas dari iritan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Sumber: Vemale.com

Penulis:  Nisita Widinati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.