Sukses

Hari Perempuan Sedunia, Setop Katakan 6 Hal Ini

Perempuan baik, sopan, dan sederhana, yuk setop mengatakan enam kalimat ini mulai dari hari perempuan sedunia ini.

Liputan6.com, Jakarta Hari Perempuan Sedunia diperingati pada 8 Maret. Salah satu tujuan dengan memperingatinya adalah untuk merayakan pencapaian perempuan dan menyuarakan kesetaraan gender, termasuk memberdayakan perempuan.

Jika ingin menjadi perempuan yang kuat dan berdaya, ternyata ada beberapa frasa yang sebaiknya dihindari. Perempuan baik, sopan, dan sederhana, yuk setop mengatakan enam kalimat ini mulai dari hari perempuan sedunia ini.

1. Maaf

Maaf memang kata yang sangat kuat. Ini juga sangat baik, sebenarnya. Namun jika diucapkan terlalu sering, ini justru akan merendahkan diri sendiri. Misalnya Anda menjatuhkan barang di tempat umum dan orang lain membantu mengambilkannya. Daripada mengucapkan maaf, lebih baik Anda ucapkan terima kasih. Karena bukan salah Anda kepada orang lain jika menjatuhkan barang sendiri. Berbeda bila Anda menjatuhkan barang milik orang lain, maka maaf bisa jadi kata yang tepat.

2. Aku hanya...

Kebanyakan orang berpikir, kalimat ini adalah awalan dari justifikasi Anda. Mulai sekarang, hindari justifikasi diri sendiri karena ini tidak akan membantu Anda. Apalagi jika sebenarnya Anda ingin meminta sesuatu, tidak perlu diembel-embeli dengan justifikasi. Minta saja karena itu hak Anda. Yuk, mulai di hari perempuan sedunia ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Perempuan Sedunia, Setop Katakan 6 Hal Ini

3. Semua baik-baik saja

Anda dapat mengatakannya bila memang semua baik-baik saja. Namun, jika tidak, jangan katakan karena Anda tidak sungguh-sungguh. Jika ada hal yang mengganggu Anda, katakan saja. Ekspresikan diri dan apa yang dirasakan, maka Anda akan menjadi perempuan yang berdaya.

4. Apa itu masuk akal?

Jika diucapkan berulang-ulang, kalimat ini seakan Anda tidak percaya diri. Anda mempertanyakan diri Anda dan terkesan membutuhkan afirmasi dari orang lain bahwa Anda melakukan hal yang benar.

 

3 dari 3 halaman

Hari Perempuan Sedunia, Setop Katakan 6 Hal Ini

5. Aku melakukan hal baik hari ini, jadi aku boleh makan ini

Penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan. Namun kesehatan Anda adalah urusan diri sendiri, bukan orang lain. Sehingga Anda tidak perlu mengatakan apa yang perlu dan tidak perlu Anda makan kepada orang lain. Jika Anda ingin menyenangkan diri sendiri dengan makanan, lakukan saja karena itu hak Anda.

6. Perempuan memang sangat drama atau perempuan memang gila

Hey, Anda juga perempuan. Ibu, nenek, saudara perempuan juga, apakah mereka juga drama dan gila? Katakan hal-hal yang baik dan tidak merendahkan bila Anda tidak ingin direndahkan. Perempuan tidak mencari drama. Kadang-kadang orang memiliki isu emosi yang terkadang permasalahannya lebih dalam daripada yang Anda pikir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.