Sukses

Cara Tepat Simpan Beras agar Bebas dari Kutu dan Jamur

Simak cara tepat menyimpan beras agar terbebas dari kutu dan jamur.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang memilih membeli beras dalam jumlah yang banyak sekaligus daripada eceran. Biasanya beras tersebut akan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Tapi seringkali hal ini membuat beras menjadi berbau apek, terjangkit kutu, dan berjamur.

Jamur dan juga kutu yang bersarang dalam beras tentu saja akan berpengaruh pada kualitas beras yang akan dikonsumsi. Beras yang sudah berkutu dan berjamur tidak lagi memiliki rasa yang pulen saat selesai dimasak, bahkan cenderung berbau. Agar tak sampai mengalami hal ini kamu disarankan mencoba tips mudah yang satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips menyimpan beras

Kamu bisa mencoba memanfaatkan daun jeruk purut lho. Daun yang punya wangi khas ini sangat efektif dalam mengusir kutu beras. Caranya adalah tumbuk kurang lebih 50 gram daun jeruk purut. Setelah itu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma dari daun jeruk ini akan membuat kutu tak betah berlama-lama di dalamnya. Nilai plusnya, berasa akan mengeluarkan aroma harum saat dimasak.

3 dari 3 halaman

Tips menyimpan beras

Nah Ladies, sangat praktis super mudah bukan? Yuk jaga kualitas dan mutu beras yang kita beli agar selalu terjaga. Nasi yang dimasak pun akan terasa lezat dan nikmat. Jangan lupa untuk membersihkan tempat penyimpanan beras secara teratur ya.

Penulis: Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.