Sukses

Tips Atasi Permasalahan Nyeri Telinga pada Anak Saat Traveling dengan Pesawat

Traveling dengan pesawat bersama anak? Atasi permasalahan nyeri telinga dengan cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda tengah traveling dengan menggunakan pesawat terbang, tekanan kabin di telinga sangatlah membuat Anda tidak nyaman. Apalagi bagi anak-anak dengan telinga yang lebih sensitif, pasti benar-benar menyakitkan.

Ada beberapa solusi untuk menghilangkan tekanan seperti menguap atau menelan yang dalam dilakukan selama traveling dengan menggunakan pesawat terbang. Biasanya banyak orang kerap memberikan permen atau minum air. 

Namun kini, ada trik lain yang lebih mudah dan ampuh meredakan tekanan pada telinga selama traveling dengan menggunakan pesawat terbang. Tips praktis ini dibagikan oleh seorang pramugari Etihad, Denya Glover.

"Saat lepas landas, banyak anak-anak mengalami sakit pada telinga akibat kenaikan tekanan udara. Kebanyakan orang tua mengira ear plug atau penyumbat telinga akan memecahkan masalah ini, tapi nyatanya tidak,” ungkap Glover.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tutupi Telinga dengan Tisu Basah

Mintalah kepada pramugari air hangat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, tisu, dan sebuah cangkir. Kemudian, tempatkan tissue basah pada cangkir yang berisi air dan kemudian letakkan di atas telinga. Uap akan mengurangi tekanan dan menenangkan rasa sakit yang dirasakan.

 

3 dari 3 halaman

Tips mengatasi rasa nyeri pada telinga anak

“Sangat sulit menjelaskan kepada anak-anak bagaimana cara meringankan nyeri pada telinga saat penerbangan. Salah satu tips ini mungkin akan membuat buah hati Anda selalu ceria selama penerbangan, tambah Glover.

Namun jika anak Anda terus merasakan sakit, sebaiknya Anda harus meminta dokter memberikan obat tetes telinga untuk membantu meringankan rasa sakit.

Yurike Metriani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.