Sukses

Wujudkan Kondisi Kulit Tubuh Prima dengan 4 Asupan Nutrisi Ini

Ingin memiliki kondisi kulit tubuh sehat dan prima? Pastikan tubuh tak kekurangan empat asupan nutrisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Kulit bersih, mulus, sehat, bebas jerawat dan tanpa noda memang menjadi impian setiap orang baik laki-laki dan wanita. Apabila kondisi kulit tubuh sempurna, otomatis kepercayaan diri pun akan meningkat.

Tak hanya itu saja, Anda juga pasti ingin mencegah terjadinya penuaan dini dan bahkan ingin selalu terlihat lebih muda dari usia sesungguhnya.

Untuk mendapatkan kulit impian tersebut,orang-orang biasanya hanya fokus investasi pada skincare yang harganya cukup mahal, misalnya: serum, pelembap khusus untuk mencerahkan kulit dan anti-aging, sampai sabun pembersih wajah.

Tapi dermatolog menyarankan, vitamin dan suplemen juga bisa memberikan efek yang sama untuk kulit tubuh. Karena, kandungan nutrisi dan mineral dari vitamin mampu membuat kulit lebih sehat dan tetap seimbang dari dalam.

Bahkan ada beberapa vitamin dapat membantu meredakan jerawat, kemerahan pada wajah atau masalah-masalah kulit tubuh yang lain. Karena, masalah kulit seperti jerawat bisa saja bukan disebabkan oleh kulit yang kotor, tapi karena ketidakseimbangan horman atau ketakmampuan tubuh mengolah racun di dalam tubuh.

Ya, memang perawatan kulit tubuh tak hanya cukup dari luar saja. Bantuan dari dalam dengan asupan vitamin juga diperlukan, untuk mencapai kulit sehat dan bening yang kita impikan. Berikut ini rekomendasi vitamin yang sudah direkomendasikan dermatolog untuk melengkapi ritual skincare rutin Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selenium

Sering bermasalah dengan jerawat? Coba vitamin yang memiliki kandungan selenium.

Selenium adalah mineral yang mengandung sifat anti oksidan, sangat baik untuk mencegah peradangan jerawat.  Jessica Gremley, seorang ahli estetika mengatakan “Sedikit saja selenium dan vitamin E sudah terbukti dapat memperbaiki jerawat, terutama bagi yang memiliki enzim gluthatione baseline rendah. Selain itu juga, menurut penelitian selenium bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat, eksim dan psoriasis.

Zinc (zat besi)

Menjelang datang tamu bulanan bagi sebagian perempuan itu momen menyebalkan, karena pengaruh hormon yang menimbulkan beberapa jerawat di area wajah atau bagian tubuh lainnya. Jika memiliki masalah serupa, dermatolog merekomendasikan suplemen zincuntuk melawan jerawat yang disebabkan oleh hormon. “Zinc memiliki sifat anti-inflamasi yang terbukti mampu menenangkan jerawat,” kata Josh Zeichner, MD. Disamping itu, manfaat lainnya dapat membantu regenerasi kulit dan memperbaiki kulit bekas jerawat.

 

 

3 dari 3 halaman

Vitamin A

Membersihkan wajah kurang maksimal menjadi salah satu pemicu jerawat. Karena sel kulit mati, kotoran dan minyak menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk mengatasi jerawat ini, coba konsumsi vitamin A yang berfungsi untuk mencegah menumpuknya sel kulit mati dan bekerja untuk mengurangi kemerahan juga pembengkakkan jerawat. Gremley juga menambahkan, kalau vitamin A memiliki anti-oksidan, anti radang dan menenangkan jerawat.

Minyak Ikan

Kulit bebas jerawat namun terlihat kusam, ini juga menyebalkan.  Kulit kusam kadang membuat kita menjadi tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, coba konsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

“Asam lemak omega-3 dari minyak ikan memiliki banyak khasiat untuk kulit, khususnya dapat membantu kulit kusam menjadi lebih cerah,” menurut dermatolog Brooke Alpert. Adapun manfaat lain dari minyak ikan untuk kulit, diantaranya memperlambat kerutan pada wajah, bahkan membuat kulit halus dan lembut.

Dari keempat suplemen di atas mana yang paling cocok untuk kondisi kulit kita sekarang?

Penulis:  reiny

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.