Sukses

Minyak Kelapa Berkhasiat Obati Jerawat dan Hilangkan Bekasnya?

Benarkah minyak kelapa dapat mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya? Simak di sini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Minyak kelapa meraih popularitas sejak fungsinya diketahui dapat membantu merawat kecantikan kulit. Selain digunakan untuk memasak, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk melembapkan kulit dan menghilangkan riasan mata yang membandel.

Namun, beberapa waktu belakangan, beberapa orang mengklaim bahwa minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat, benarkah? Dilansir dari verywell.com, Selasa (6/3/2018), minyak kelapa kaya akan kandungan asam laurat yang memiliki khasiat sebagai antimikroba alami.

Studi menunjukkan, asam laurat dapat membunuh propionibacteria acnes, bakteri utama yang bertanggung jawab menyebabkan jerawat. Sayangnya, hal tersebut tidak akan membuat jerawat Anda menghilang hanya dengan mengoleskan minyak kelapa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisakah minyak kelapa menghilangkan jerawat?

Untuk dapat bekerja, asam laurat harus dimasukkan ke dalam pori-pori, di tempat yang membutuhkan. Selain itu, jerawat tidak hanya disebabkan oleh bakteri p.acnes.

Hal menarik lainnya adalah minyak kelapa justru dapat menyumbat pori-pori Anda, sampai pada skala komedogenik. Jika Anda rentan terhadap jerawat, mengaplikasikan minyak kelapa secara rutin justru akan berbahaya.

3 dari 3 halaman

Bisakah minyak kelapa menghilangkan jerawat?

Minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit, tetapi tidak akan memperbaikinya. Bekas jerawat muncul karena hiperpigmentasi pasca-inflamasi yang akan memudar dengan sendirinya seiring waktu, bukan karena Anda menggosokan minyak kelapa secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.