Sukses

Manfaat Santan untuk Kecantikan yang Belum Diketahui

Tak hanya sebagai penambah rasa pada makanan, tapi santan juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Santan merupakan produk olahan kelapa yang biasanya banyak digunakan sebagai bahan masakan. Namun siapa sangka, ternyata santan memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan nutrisi pada santan seperti vitamin C, E, B6, zat besi, magnesium, dan yang lainnya menjadikan santan kaya akan kebaikan untuk kulit dan rambut. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cegah Penuaan Dini

Ingin mendapatkan kulit yang awet muda? Gunakan santan sebagai bahan dari DIY masker kamu! Santan memiliki kandungan vitamin C yang mampu merawat elastisitas dan fleksibilitas kulit sekaligus memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit. Tak hanya itu, santan juga kaya akan kandungan copper yang dapat mencegah kerutan, kulit kendur, dan age spot.

Melembapkan Kulit

Santan memiliki kandungan yang pelembap alami yang dapat menggantikan cairan pada kulit dehidrasi. Selain melembapkan, santan juga memiliki kemampuan untuk melawan kulit kering, mengurangi gatal-gatal, menenangkan pembengkakan, dan mengurangi kemerahan pada kulit. Kamu bisa merasakan manfaat ini dengan mencampurkan secangkir santan pada air hangat, lalu rendam area tubuh tersebut selama 15 menit.

3 dari 4 halaman

Cegah Jerawat

Manfaat santan untuk kecantikan yang terakhir adalah mencegah terbentuknya jerawat. kamu yang memiliki kulit berminyak dan acne-prone dapat menggunakan santan sebagai pembersih. Santan memiliki kandungan antibakterial dan antimikroba yang mampu mencegah terjadinya breakout. Fatty acid yang ditemukan dalam santan mampu menghilangkan bakteri jahat pada kulit tanpa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, kandungan fatty acid dalam santan aman digunakan karena tidak akan membuat pori-pori tersumbat.

Memicu Pertumbuhan Rambut

Santan kaya akan berbagai nutrisi esensial yang dapat menutrisi folikel dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Kandungan dalam santan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut antara lain adalah vitamin E, zat besi, magnesium, dan phosphorous. Untuk merasakan manfaat santan yang satu ini, kamu dapat memijat kulit kepala menggunakan santan hingga merata selama 5 menit, lalu diamkan selama 20-30 menit sebelum dibersihkan dengan sampo.

4 dari 4 halaman

Menutrisi Rambut Kering dan Rusak

Tak hanya pada kulit, santan juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembapan sekaligus menutrisi rambut. Kandungan pelembap, vitamin E, lauric acid, serta manganese pada santan dapat menjadi salah satu bahan alami untuk merawat rambut kering dan rusak. kamu dapat merasakan manfaat ini dengan cara memijat kulit kepala selama 5 menit, lalu bungkus rambut kamu dengan handuk panas agar proses menutrisi menjadi maksimal.

Selain merawat rambut kering dan rusak, santan juga bermanfaat untuk merawat rambut rapuh dan ujung bercabang. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup mengaplikasikan santan kental pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

Penulis: Nisita Widinati

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.