Sukses

Indonesia Craft Batik Gift Show Tahun Ini Kembali Digelar

Satu-satunya pameran suvenir batik di dunia, Indonesia Craft Batik Gift Show, tahun ini kembali digelar.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Craft Batik Gift Show (ICBGS) tahun ini kembali digelar. Berlangsung di Hall A Jakarta Convention Centre 7-11 Maret 2018, pameran ini akan menampilkan produk batik dan kerajinan dari seluruh Indonesia, dan diharapkan menjadi surga belanja bagi para pencinta kerajinan dan suvenir dari Indonesia. Tazbir, PIC 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata mengatakan, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan pameran ini yang sudah memasuki tahun keduanya.

“Ini momentum untuk masyarakat melestarikan batik yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia. Pameran ini juga bisa menjadi daya tarik wisata belanja bagi wisatawan dalam dan luar negeri,” ungkap Tazbir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Handmade Batik Indonesia

Lebih jauh Tazbir mengatakan, pameran ini menjadi cara lain untuk mempromosikan batik. Industri handmade batik Indonesia menurut Tazbir punya potensi yang sangat besar, namun sayang belum bisa dikembangkan secara optimal. Dengan adanya pameran ini diharapkan bisa meningkatkan industri handmade batik tanah air.

“Ini hanya di Indonesia ada pameran gift batik,” ungkap Tazbir. Tazbir juga menjelaskan, pameran batik, craft, dan gift mempunyai arti penting dalam meningkatkan nilai ekonomi kreatif Indonesia di tingkat global, di mana daya saing ekonomi kreatif Indonesia saat ini menurut World Economic Forum (WEF) berada di ranking 34 dunia.

Industri kreatif kelompok kerajian, menurut Tazbir, sebagai kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi yang dibuat dan dihasilkan oleh tenaga perajin yang berawal dari desain hingga proses penyelesaiannya.

“Event pameran ini sebagai salah satu upaya untuk memamerkan karya perajin sekaligus menjadi distribusi atau tempat belanja bagi para pecinta dan pengguna produk batik, craft, dan gift unggulan dari seluruh Indonesia,” kata Tazbir.

 

3 dari 3 halaman

Inovasi Batik

Menurut Budi Sukat Swito dari Mistindo Connexion, penyelenggaraan pameran ICBGS 2018 merupakan pengembangan inovasi baru dari pemeran kreatif yang pernah diselenggarakan sebelumnya seperti Adiwasta, Katumbiri, dan Islamic Fashion dan Produk.

“Penyelenggaraan pameran ICBGS memasuki tahun ke-2 dengan mengangkat tema ‘Melalui Craft, Batik, dan Gift Show 2018 Kita Tingkatkan Kreativitas dan Produktivitas dalam Rangka Persaingan Dunia Global’,” kata Budi Sukat Swito. Penyelenggaran pameran ICBGS 2018, menurut Budi Sukat Swito, mendapat dukungan dari berbagai pihak antara lain Bekraf, Kemenpar, Kemen BUMN, Kemen UMKM, Kemendag, para pengusaha/perajin, para sponsor, media, dan masyarakat umum terutama para pencinta dan pengguna craft, batik, dan gift Nusantara.

Event ICBGS 2018 akan menampilkan berbagai produk craft, batik, dan gift unggulan dari Nusantara dalam 200 stand pameran. Selama pameran berlangsung juga diselenggarakan fashion show, talkshow, costum and hair competition, workshop, beauty class make up by Wardah, serta pertunjukan musik. Pengunjung pameran ICBGS 2018 tidak dipungut biaya atau gratis dan berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.