Sukses

Wahai Ibu, Jangan Sembarangan Pilih Popok. Ini Tipsnya!

Memilih popok yang salah dapat menyebabkan kulit bayi iritasi dan lecet. Lalu, bagaimana cara memilih popok yang benar?

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Semua perlengkapannya sebisa mungkin ingin dipenuhi dengan kualitas maksimal, termasuk kebutuhan popok.

Pasalnya, jika asal-asalan memilih popok, kulit bayi rentan iritasi, lecet, dan gatal-gatal. Untuk mencegah hal itu, ibu perlu cermat memilih dalam popok yang sesuai dengan kebutuhan anaknya. Nah, ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan saat memilih popok.

Daya serap

Salah satu unsur paling penting dari sebuah popok adalah daya serapnya. Popok yang baik seharusnya dapat mencegah kulit bayi terkena basah. Sebaliknya, daya serap popok yang buruk akan membuat kulit bayi lembap karena tersentuh cairan. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu lama, kulit bayi pun berisiko terkena iritasi.

Ada cara untuk mengetes daya serap sebuah popok. Tuang air hangat di atasnya, lalu perhatikan apakah air menyebar dari tengah ke sisi samping dan terserap. Selanjutnya, keringkan permukaan popok dengan tisu. Jika tisu tidak basah, berarti popok itu memiliki daya serap yang baik.

Pastikan ukuran sesuai

Biasanya tiap merek memiliki ukuran popok yang berbeda. Sebaiknya, bayi mencoba beberapa merek popok terlebih dahulu hingga menemukan yang benar-benar pas. Pasalnya, jika ukurannya kebesaran, isi popok akan bocor keluar. Sementara itu, apabila popoknya kekecilan, si kecil akan merasa tidak nyaman dan kulitnya akan lecet.

Pilih yang nyaman

Kenyamanan sang buah hati merupakan hal utama. Mereka butuh popok yang nyaman agar bisa bebas bergerak mengeksplorasi lingkungan. Pilih popok yang sisi kanan kirinya stretchable, sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk badan bayi. Selain itu, carikan popok yang memiliki bahan lembut untuk melindungi kulit bayi.

Lagi-lagi, ibu perlu mencoba beberapa merek terlebih dahulu untuk benar-benar menemukan popok yang nyaman untuk si kecil. Beruntung, sekarang sudah ada situs belanja online yang memungkinkan ibu belanja popok dengan mudah. Ibu pun tak perlu bolak-balik pergi saat ingin mencoba popok baru.

Survei dari TheAsianParent yang diadakan pada Desember 2017 pun memperlihatkan bahwa 73 persen ibu berbelanja secara online sebanyak lebih dari 2-3 setiap bulan. Barang favorit nomor satu saat ibu belanja online tak lain dan tak bukan adalah popok bayi.

Studi yang dilakukan terhadap 1.093 ibu berusia 20-40 tahun di Indonesia tersebut menunjukkan bahwa kebiasaan ibu berbelanja memang tak pernah jauh-jauh dari kebutuhan anak. Sebanyak 78 persen ibu membeli pakaian anak dan 61 persen membeli perlengkapan anak, seperti popok dan susu bayi.

Apakah Anda memiliki kebiasaan yang sama? Kalau iya, Anda jangan sampai ketinggalan kesempatan emas memperoleh kebutuhan si buah hati dengan harga super terjangkau.

Kesempatan tersebut diberikan oleh Shopee yang sedang mengadakan Super Deal Mom & Baby. E-commerce yang menempati posisi pertama sebagai favorit para ibu berdasarkan survei TheAsianParents 2017 tersebut memberikan Anda kesempatan mendapat diskon hingga 90 persen, hadiah gratis popok selama setahun untuk 10 orang pemenang, dan ratusan hadiah lainnya. Asyik, kan?

Program ini hanya berlangsung hingga 28 Februari 2018, lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini