Sukses

Bagaimana Cara Menggunakan Toilet Umum dengan Aman?

Liputan6.com, Jakarta Toilet umum menjadi bagian dari fasilitas yang dapat digunakan oleh siapapun dalam keadaan apapun. Oleh karena itu, Anda tidak akan pernah tahu berapa banyak kuman dan bakteri berkembang di dalamnya. Dilansir dari Bright Side pada Selasa (20/2/2018), Anda tetap bisa menggunakan toilet umum dengan aman. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini!

1. Gunakan bilik paling bersih

Ketika akan menggunakan toilet umum, cobalah untuk memilih bilik yang terlihat paling bersih. Kebanyakan orang memilih bilik yang paling jauh dari pintu masuk toilet. Sehingga Anda bisa menggunakan bilik pertama sebagai pilihan terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan letakkan barang Anda di lantai toilet

Bakteri dan kotoran dari sepatu akan mengotori barang Anda yang diletakkan di lantai. Yang jika barang tersebut Anda pegang, juga akan mengotori tangan Anda. Sebaiknya gantung tas Anda digantungan yang sudah disediakan.

3. Gunakan protektor sendiri

Akan lebih baik jika Anda menggunakan protektor tempat duduk toilet daripada menggunakan tisu toilet. Setelah menggunakannya, Anda bisa membuang protektor tersebut.

4. Siram dengan cerdas

Tahukah Anda jika terdapat banyak bakteri di tombol penyiram? Lebih baik bungkus jari Anda dengan tisu toilet baru kemudian Anda tekan tombol penyiram.

5. Cuci tangan Anda dengan air panas

Cuci tangan Anda dengan air panas karena mampu membunuh bakteri. Jika memungkinkan, gunakan sabun. Bilas tangan Anda di bawah air selama 20 detik agar tangan Anda benar-benar bersih.

3 dari 3 halaman

6. Keringkan tangan dengan kertas handuk

Jangan keringkan tangan Anda dengan udara panas. Ingat bahwa bakteri lebih mudah berkembang di lingkungan yang hangat. Lebih baik gunakan kertas handuk yang tersedia di toilet. Pastikan kertas handuk yang Anda gunakan adalah baru.

7. Jangan sentuh pegangan pintu toilet tanpa tisu

Pegangan pintu toilet juga dapat menjadi sarang bakteri. Sebelum meninggalkan toilet, balut tangan Anda dengan tisu toilet atau kertas handuk. Buka pegangan pintu tersebut kemudian langsung buang tisu yang baru saja Anda kenakan.

8. Gunakan sanitizer

Selalu gunakan sanitizer pada tangan. Ini sangat membantu setelah Anda menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah bepergian menggunakan transportasi umum.

9. Selalu bawa tisu toilet atau tisu basah sendiri

Lebih baik selalu siap untuk membawa tisu toilet atau tisu basah sendiri di tas Anda. Ini menjadi antisipasi jika toilet yang Anda gunakan tidak memiliki tisu toilet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.