Sukses

Intip 4 Berkah Tersembunyi Ketika PHK Datang Menghampiri

Ternyata ada berkah tersembunyi dari PHK.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah peristiwa selalu memiliki dua sisi positif dan negatif. Meski kelihatannya hanya sisi negatif yang selalu lebih mudah terlihat, tetap saja sisi positifnya bisa ditemukan. Salah satunya adalah ketika perusahaan tempat Anda bekerja memutuskan untuk melakukan PHK tiba-tika.

Jangan khawatir, karena ternyata untuk beberapa orang, PHK bisa menjadi berkah. Tidak percaya? Menurut DuitPintar.com, berikut ini empat berkah tersembunyi saat Anda terkena PHK.

1. Mendapat pesangon PHK

Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap pekerja yang dipecat berhak atas pesangon PHK. Tapi pastinya bukan untuk mereka yang dipecat karena berbuat salah atau melakukan tindak kriminal.

Uang pesangon PHK yang jumlahnya bisa sampai dua kali gaji ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang dirasa mendesak. Misalnya ada utang jatuh tempo yang perlu segera dilunasi.

Uang pesangon PHK bisa menjadi solusi sementara, terlebih masih ada upah penghargaan masa kerja serta upah pengganti hak yang juga diberikan dalam situasi tertentu.

2. Bisa cari pekerjaan yang lebih baik

Ketika dipecat, kesempatan untuk cari pekerjaan yang dirasa lebih cocok pun terbuka. Pemecatan itu juga bisa menjadi pembuka jalan menuju terang bila sebelumnya merasa tidak nyaman kerja.

Mungkin ada orang yang memang sudah tidak nyaman, atau terbentur dengan aturan denda penalti bila mengundurkan diri. Buat mereka, PHK bisa menjadi jalan keluar yang baik. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bisa meluangkan waktu lebih untuk keluarga

Keluarga mungkin sering ditinggalkan ketika masih bekerja. Nah, saat PHK waktu untuk keluarga pun jadi lebih banyak.

Sambil mencari pekerjaan baru, manfaatkan kesempatan berkumpul dengan keluarga. Anda bisa mengajak keluarga berlibur dengan uang pesangon PHK yang diterima.

 

3 dari 3 halaman

4. Kesempatan untuk menekuni hobi dan minat

Hobi dan minat memang layak diperjuangkan. Ada beberapa orang yang tersiksa lantaran kerja di tempat yang jauh dari mimpinya. Kesempatan yang datang meski lewat proses yang tidak enak ini bisa Anda langsung manfaatkan untuk mengejar mimpi sesuai minat dan bakat.

PHK tak selalu berarti bencana. Toh, kadang pemecatan menjadi satu-satunya pilihan yang mesti diterima lantaran ada masalah yang mendesak di perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.