Sukses

9 Penyebab Timbulnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Simak beberapa kebiasaan yang membuat munculnya lingkaran hitam di bawah mata

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran hitam di bawah mata menjadi masalah kulit yang sangat umum terjadi pada wanita dan hal tersebut cukup menggangu. Kondisi ini membuat kulit seseorang nampak kusam dan tidak bernyawa. Beberapa faktor seperti perubahan hormonal, masalah kesehatan, diet yang tidak seimbang, dan lain-lain dapat menyebabkan kulit gelap di bawah mata.

Selain itu, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang Anda lakukan seperti yang dilansir dari Boldsky pada Rabu (14/2/2018).

1. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih lambat yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ini menjadi faktor yang paling umum untuk lingkaran di bawah mata dan juga masalah kulit lainnya.

2. Tidak membersihkan riasan mata

Ini menjadi kebiasaan yang berkontribusi terhadap lingkaran di bawah mata. Tidak membersihkan riasan mata dengan benar sebelum tidur dapat menyebabkan kulit semakin gelap di bawah mata.

3. Dehidrasi

Beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungannya antara dehidrasi dengan lingkaran hitam. Dehidrasi akan membuat lingkaran hitam semakin jelas dan membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menggosok mata terlalu sering

Kulit halus di bawah mata sangat rentan terhadap kerusakan. Menggosoknya terlalu sering dapat menyebabkan reaksi inflamasi dan menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

5. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari membaut perubahan warna pada kulit dan memunculkan tanda penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut, oleskan tabir surya di bawah mata untuk melindunginya dari sinar matahari.

6. Mencuci wajah dengan air panas

Kulit di sekitar mata sangat tipis dan sensitif. Mencuci wajah dengan air panas bisa menyebabkan pigmentasi. Ini menjadi kebiasaan buruk yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata semakin sulit dihilangkan.

3 dari 3 halaman

7. Membersihkan riasan dengan kasar.

Membersihkan riasan dengan kasar dapat menyebabkan perubahan warna terutama di bagian bawah mata. Biasakan untuk membersihkan riasan dengan lembut untuk mencegah kerusakan jaringan kulit.

8. Tidur tengkurap

Ini dapat menyebakan retensi cairan di bawah mata sehingga menimbulkan lingkaran hitam. Cobalah tidur dengan posisi menyamping untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah masalah seperti lingkaran hitam dan mata bengkak.

9. Aplikasi produk perawatan mata yang buruk

Mengaplikasikan krim mata secara buruk dapat menyebabkan kulit menggelap di bawah mata. Mengusapkan krim secara kasar di bagian bawah mata akan menimbulkan kerusakan. Lebih baik oleskan krim dengan halus dan tepuk produk tersebut untuk penyerapan dan hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.