Sukses

6 Langkah Sederhana Bikin Keramas Jauh Lebih Mudah

Ternyata, keramas jauh lebih mudah jika Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah di bawah ini, penasaran? Simak ini.

Liputan6.com, Jakarta Keramas mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang, terutama Anda yang memiliki rambut panjang dan sangat berhati-hati dalam merawatnya. Satu-satunya alasan mengapa rambut terasa sangat baik ketika Anda keluar dari salon adalah karena para profesional memahami kunci untuk melakukannya, mereka melakukan cara yang tepat.

Dilansir dari teenvogue.com, Jumat (9/2/2018), berikut ini adalah beberapa langkah sederhana untuk membuat keramas menjadi rutinitas yang lebih mudah. Penasaran?

1. Hindari keramas setiap hari

Kebanyakan orang keramas setiap hari. Keramas sebenarnya cukup dilakukan tiga kali dalam seminggu bagi hampir setiap jenis rambut.

Rambut Anda akan menghasilkan lebih banyak minyak saat kermas. Cara terbaiknya adalah benar-benar tidak mencucinya sama sekali, berani?

2. Gunakan air hangat

Anda dilarang menggunakan air panas karena hanya akan membuat helai rambut menjadi kering dan tidak bernyawa. Meskipun tidak ada temperatur yang tepat, lebih baik keramas menggunakan air hangat, kemudian bilas dengan air dingin sesaat sebelum Anda meninggalkan kamar mandi.

Air hangat berfungsi membuka kutikula rambut, sedangkan air dingin akan menutupnya, membantu mengunci kelembapan dan memberi manfaat kepada rambut dalam waktu jangka panjang. Pikirkan juga untuk menggunakan saringan air guna menghilangkan klorin dan bahan kimia sintesis yang biasa ditemukan pada air pancuran saat keramas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah sederhana keramas

3. Tekan lembut untuk memijat kulit kepala dan akar rambut

Rambut sehat dimulai dari kulit kepala, jadi Anda tidak boleh memijatnya terlalu kasar. Keramas sebenarnya berfungsi untuk menghilangkan penumpukan kotoran di kepala, memijat selama dua menit dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan memberi stimulasi pertumbuhan rambut.

4. Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut

Perawatan sebenarnya tentang mengidentifikasi jenis rambut dan memilih formula yang paling tepat untuk kebutuhan tersebut. Menggunakan produk sampo dengan label hidrasi akan membuat rambut lebih mudah diatur.

3 dari 3 halaman

Langkah sederhana keramas

5. Diamkan kondisioner selama lima sampai tujuh menit

Tidak seperti sampo yang dipijat lalu bilas. Ketika mengaplikasikan kondisioner, Anda harus memulai dari bagian tengah hingga ke ujung rambut, jangan pernah mengenai akar.

Ketika produk masih berada di kepala Anda, rapikan rambut dengan sisir bergigi lebar mulai dari lima hingga tujuh menit. Jangan terlalu lama dari waktu tersebut, karena hanya akan meninggalkan residu.

6. Keringkan rambut dengan handuk, kemudian lindungi

Cara Anda mengeringkan rambut setelah keramas juga sangat penting. Setelah mengeringkan rambut dengan handuk, jangan lupa mengaplikasikan serum rambut untuk melindungi. Dan jangan pernah menggunakan alat pemanas saat rambut masih benar-benar basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.