Sukses

Ini Alasan Generasi Milenial Enggan Berkomitmen Urusan Cinta

Simak beberapa alasan kenapa generasi milenial tidak mau berkomitmen dalam hubungan cinta.

Liputan6.com, Jakarta Komitmen menjadi hal yang penting bagi dua orang yang ingin menjalani hubungan cinta yang serius. Sayangnya, di era ini komitmen menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dari berbagai aspek yang menyebabkan pada akhirnya banyak orang yang enggan untuk berkomitmen dalam hubungan cinta.

Dilansir dari Boldsky pada Jumat (10/2/2018), banyak orang, terutama generasi milenial yang enggan untuk memiliki komitmen ketika menjalin hubungan cinta. Bahkan memilih pasangan menjadi sebuah hal yang paling sulit.

Kebanyakan dari mereka memilih untuk tetap single ketimbang menikah. Ada beberapa alasan yang membuat generasi milenial enggan untuk menjalani komitmen yang serius dalam hubungan cinta. Penasaran?

1. Tidak punya waktu

Banyak generasi milenial modern yang lebih fokus pada pendidikan dan karier mereka. Oleh karena itu, mereka cenderung berlomba-lomba untuk mencapai kesuksesan dalam karier. Wajar bila mereka tidak memiliki waktu untuk membina hubungan cinta mereka yang membuat mereka enggan berkomitmen serius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Permintaan yang menakutkan dari pasangan

Sering terlihat banyak wanita dan pria yang menuntut terlalu banyak dari pasangan tanpa memahami keterbatasan pasangannya. Oleh karena itu, menjadi sangat sulit bagi sebagian orang untuk memenuhi permintaan pasangannya yang kebanyakan tentang membeli hadiah mahal atau memberikan waktu lebih banyak pada hubungan.

3. Tidak siap untuk bertanggung jawab

Tanggung jawab menjalin hubungan sukses menjadi tanggung jawab bersama yang melibatkan kepedulian satu sama lain dan bersikap peka terhadap kebutuhan pasangannya. Sayangnya, banyak generasi modern yang tidak memiliki keinginan untuk meluangkan waktu untuk mengemban tanggung jawab ini.

4. Melihat hubungan teman yang gagal sebagai contoh

Banyak hubungan jaman sekarang yang gagal karena beberapa alasan. Generasi muda terlalu banyak mendengar cerita tentang pengalaman pahit temannya. Ini semakin membuat generasi muda percaya bahwa hubungan menjadi hal yang tidak akan berjalan unutk masa kini.

3 dari 4 halaman

5. Kurangnya keinginan memilih pasangan

Sekarang banyak pria dan wanita muda yang terlihat terlalu malu. Mereka tidak dapat memutuskan jenis pasangan yang sesuai denagn mereka. Generasi muda selalu bingung dengan pilihan mereka sendiri dan merasa takut untuk membuat komitmen yang serius dalam hidup.

6. Ambisi berkarir

Sebagian besar generasi milenial terlalu ambisius dengan karir dan menghasilkan banyak uang. Perhatian mereka hanya terfokus pada bagaimana caranya menjadi kaya dalam waktu singkat. Sehingga mereka melihat hubungan cinta sebagai hal yang tidak perlu diperhatikan. Karena dinilai akan menganggung waktu kerja mereka yang terbatas.

7. Egois tentang kebutuhan sendiri

Generasi milenial nampaknya lebih egois dan hanya memikirkan kenyamanan mereka sendiri. Mereka tidak siap mengorbankan apapun dalam hidup demi pasangan mereka, sedangkan komitmen membutuhkan adanya pengorbanan. Dengan demikian, hubungan mereka akan sangat terhambat karena ego masing-masing.

4 dari 4 halaman

8. Takut kehilangan kebebasan

Generasi muda identik dengan hidup yang bebas. Pernikahan yang menuntut sejumlah aturan membuat generasi milenial enggan untuk berkomitmen. Mereka terbiasa bekerja dengan kebebasan yang mereka miliki.

9. Terlalu banyak interfensi ke dalam hubungan pribadi

Banyak orang yang berpikir bahwa dengan memiliki pasangan hanya akan menganggu ruang privasinya. Harapan untuk memiliki ruang privasi seringkal gagal dan hanya menjadi penghambat dalam hubungan. Sehingga banyak generasi milenial yang memilih untuk sendiri yang dinilai jauh lebih sesuai dan damai bagi mereka.

10. Adanya kewajiban dan beban

Ketika hubungan perkawinan gagal, ada semacam kewajiban yang masih harus dijalani terutama jika memiliki anak untuk dibesarkan. Sehingga banyak pria dan wanita yang memilih untuk menghindari komitmen dalam hubungan untuk menghindari kewajiban ini. Kemungkinan, adanya kewajiban ini dapat menghambat jenjang karier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.