Sukses

Ingin Buat Kentang Goreng ala Restoran? Ini Caranya

Ternyata memasak kentang goreng ala restoran dengan hasil yang sempurna tak semudah yang Anda banyangkan. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kentang goreng menjadi sajian favorit banyak orang di seluruh dunia. Makanan ini memang nikmat untuk disantap sebagai cemilan maupun sebagai menu pendamping.

Berbahan utama kentang, sesungguhnya menu ini mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Namun kerap kali banyak yang mengeluh bahwa kentang goreng yang dibuat sendiri tak seenak hasil masakan restoran.

Melansir halaman Real Simple pada Sabtu (3/2/18), berikut 5 tips untuk membuat kentang goreng ala resto.

Besar potongan

Ketebalan potongan kentang bisa berpengauh pada kerenyahan kentang goreng. Potong kentang dengan ukuran tipis untuk mendapat hasil gorengan yang lebih renyah. Jika Anda sulit memotong kentang, gunakan alat pemotong kentang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rendam kentang yang sudah dipotong

Ilustrasi Kentang Goreng (iStockphoto)​

Proses merendam irisan kentang berfungsi untuk menciptakan tekstur spesial pada kentang goreng. Rendam kentang dalam air dingin selama 30 menit untuk hasil kentang goreng yang lembut bagian daging dalam dan renyah di luar.

Keringkan potongan kentang

Setelah merendam irisan kentang, jangan lupa untuk mengeringkannya. Keringkan dengan udara ruang dan jangan dioven. Biarkan kentang mengering dengan sendirinya selama 15 menit.

 

3 dari 3 halaman

Panaskan minyak

Ilustrasi Kentang Goreng (iStockphoto)​

Untuk mendapatkan hasil kentang goreng yang maksimal, gorenglah kentang menggunakan minyak panas. Pastikan minyak sudah panas sebelum Anda memasukkan irisan kentang. Anda bisa mengetes panasnya minyak dengan memasukkan satu irisan kentang.

Taburan

Setelah menggoreng, tiriskan kentang agar minyak tak banyak menempel. Setelah itu, Anda bisa menyajikannya bersama saus tomat atau cabai. Agar lebih spesial, Anda bisa juga menaburkan bubuk bumbu kentang goreng.

Bio In God Bless

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.