Sukses

Gerhana Bulan Total, Ancol Siapkan Fasilitas Khusus

Gerhana Bulan Total dan Super Blue Blood Moon menjadi fenomena alam langka yang bakal terjadi pada 31 Januari.

Liputan6.com, Jakarta Gerhana Bulan Total dan terlama pada abad ini menjadi momen langka yang bakal bisa disaksikan besok malam. Untuk itu Manajemen Taman Impian Jaya Ancol, sebagai salah satu dari tujuh tempat pengamatan di Jakarta, telah melakukan rangkaian persiapan. Persiapan tersebut antara lain pemberian akses masuk Ancol gratis bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), penyedian titik kumpul pengamatan, dan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pihak Ancol bersama BMKG sendiri telah menyediakan dua teropong besar untuk menyaksikan gerhana bulan total yang dapat digunakan wisatawan untuk melakukan pengamatan dari pantai Ancol. Antrean juga sudah diatur sehingga wisatawan bisa dengan nyaman menyaksikan fenomena alam langka tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena Langka

Teuku Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, menurut informasi yang diterima Liputan6.com mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi BMKG yang berkenan melakukan kolaborasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait fenomena alam langka ini.

“Kami berharap pengunjung dapat menyerap informasi yang dijelaskan BMKG,” ungkap Teuku Syahali.

 

3 dari 3 halaman

Awal dan Berakhirnya Gerhana Bulan

Gerhana Bulan di langit Jakarta sendiri sudah bisa terlihat dari pukul 17.51, Gerhana Bulan Total terjadi pada 19.51, dan akhir gerhana masih dapat dilihat hingga pukul 23.08. Pengunjung sudah bisa masuk ke Ancol sejak sore hari, dan langsung diarahkan menuju area pengamatan di Dermaga Hati (Le Bridge), yang berlokasi di Pantai Timur Ancol.

Untuk mengakses tempat tersebut, pihak Ancol telah menyediakan bus Wara-wiri yang dapat diakses gratis untuk antar-jemput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini