Sukses

9 Cara Menghasilkan Uang dengan Profesi Blogger

Ingin mencari nafkah dengan profesi sebagai blogger? Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang asyik mencari informasi, kita sering kali menemukan informasi yang bermanfaat justru dari halaman-halaman blog. Banyak orang jadi bertanya-tanya, kenapa blogger ini rajin sekali membagikan informasi?

Faktanya, blogger bukan hanya sekedar berbagi informasi tapi juga sedang melakukan pekerjaannya melalui kegiatan menulis di blog miliknya.

Anda yang memiliki teman sebagai blogger pasti pernah lihat mereka mengulas berbagai barang dari merek tertentu. Di lain waktu, blogger tersebut hadir di acara tertentu dan membagikan cerita tentang aktivitas mereka.

Ternyata yang mereka lakukan itu adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog.

Penasaran dari mana saja sumber penghasilan para blogger ini dengan berbagi informasi dan opini di blog miliknya? Berikut ini ulasannya dari DuitPintar.com.

1. Jadi publisher iklan

Publisher iklan adalah seseorang yang memasang iklan di laman web yang seseorang miliki. Salah satu layanan yang biasanya dipakai blogger adalah Google Adsense.

Google Adsense adalah jaringan periklanan yang disediakan oleh Google. Bagi pemilik website, mereka dapat memasang iklan dari Google pada website mereka. Setiap klik yang diperoleh akan diakumulasi menjadi uang yang nantinya bisa dicairkan.

2. Mengulas produk tertentu

Cara yang satu ini istilah kerennya adalah endorse. Pemilik merek tertentu bakal mengirimkan produk atau menawarkan jasa yang bisa blogger nikmati secara gratis. Bahkan, tak sedikit blogger yang dibayar untuk mengulasnya di blog.

Pemilik merek sendiri lebih suka pilih blogger karena ulasan para blogger yang lebih natural. Ulasan di blog terlihat lebih soft-selling ketimbang iklan di media massa.

3. Jadi brand ambassador

Lebih lanjut, pihak brand sekarang tak hanya menyasar selebriti di televisi sebagai brand ambassador. Justru blogger jadi pilihan menarik bagi pihak brand.

Citra blogger yang masih “orang biasa” membuat pembaca lebih terpengaruh untuk memakai merek yang dipakai oleh blogger tersebut. Biasanya para pembaca pun tak jarang mencari ulasan para blogger mengenai merek tertentu.

Kristina Bazan, misalnya, adalah blogger pertama yang jadi brand ambassador merek ternama, L’oreal Paris. Di Indonesia ada blogger Dian Pelangi yang jadi brand ambassador Hijup. Ada pula Diana Rikasari yang pernah menjadi brand ambassador produk Sony Xperia Z5 Compact.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Content placement

 

Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Perbedaan content placement dengan ulasan berbayar di blog pada umumnya adalah, content placement hanya menempatkan artikel saja. Blogger tak perlu menulis lagi, tetapi cukup mempublikasikan artikel yang sudah disediakan pihak pengiklan.

Bayaran content placement ini memang lebih sedikit dibandingkan review. Namun jika blogger punya lebih dari satu blog, tentu sangat membantu.

5. Diundang ke acara launching produk 

Salah satu hal yang paling asyik ketika jadi blogger adalah hampir selalu jadi orang pertama untuk merasakan produk tertentu.

Produknya baru launching dan belum ada di pasaran, blogger sudah jadi orang pertama yang melihat dan mencoba. Tak jarang brand akan membayar para blogger ini. Seru bukan?

 

3 dari 4 halaman

6. Koordinator untuk acara blogger

Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Sebagai informasi, acara launching produk itu tak jarang adalah bentuk kerja sama antara brand dan blogger. Biasanya, pihak brand menunjuk kalangan blogger sebagai koordinator atau orang yang mengurus segala hal terkait acara tersebut.

Tidak kalah dengan blogger yang diundang, blogger yang mengurus acara tersebut juga dibayar cukup tinggi.

Tugas mereka mencakup mengumpulkan daftar nama blogger yang diundang. Kemudian, memastikan segala perencanaan lancar saat launching hingga artikel dipublikasikan.

7. Diundang jadi pembicara atau narasumber

Tak hanya meliput, blogger pun kadang menjadi objek yang diliput. Ada beberapa acara yang mengundang blogger sebagai pembicara atau narasumber.

Pihak penyelenggara pilih blogger jadi pembicara karena pengalaman blogger cukup luas terhadap topik yang akan dibahas. Misalnya, jika acara mengenai traveling, maka dipilihlah travel-blogger. Acara parenting, dipilihlah blogger parenting untuk berbagi pengalaman.

Bayarannya juga cukup besar. Belum lagi berbonus nama blogger tersebut semakin dikenal khalayak umum.

 

4 dari 4 halaman

8. Dapat tawaran menulis di tempat lain

Ilustrasi Foto menulis dengan Laptop (iStockphoto)

Tawaran menarik lainnya datang dari perusahaan-perusahaan yang butuh konten untuk situs web mereka. Pihak perusahaan ini sering kali memprioritaskan para blogger untuk menulis di web mereka. Sebab, blogger dirasa punya pengalaman menulis konten bagi pembaca di Internet. Selain menerapkan cara mendapatkan uang dari blog sendiri, blogger merangkap pula jadi content writer.

9. Mengikuti kompetisi blogger

Cara mendapatkan uang dari blog yang ini cocok untuk Anda yang suka kompetisi. Ikutan saja lomba untuk para blogger.

Lomba-lomba blog ini memacu blogger untuk berkompetisi dalam menghadirkan ide dan tulisan terbaik. Hadiahnya tak tanggung-tanggung, mulai dari laptop hingga sepeda motor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.