Sukses

Stres dengan Pekerjaan Kantor? Redakan dengan 6 Mainan Unik Ini

6 mainan ini mampu menjadi pereda stres di kantor. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Menghilangkan rasa stres saat kerja tidak hanya bisa dilakukan dengan camilan atau minuman dingin. Mainan pun bisa jadi alat yang efektif ketika stres melanda di jam kerja.

Beberapa mainan yang sederhana dan tidak makan tempat, juga berharga miring, bisa jadi teman kerja yang baik karena fungsinya yang bisa meredakan stres. Dikutip dari DuitPintar.com, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Fingerboard

 

You will never be forgotten ❤️🙏

Sebuah kiriman dibagikan oleh lioooonel (@this_is_lionel) pada

Yang hobi bermain skateboard atau sepeda BMX pasti tahu mainan fingerboard. Bentuknya seperti skateboard tapi super mini. Kebanyakan fingerboard berukuran panjang 96 mm dan lebar 29 mm. Ukurannya yang amat kecil membuatnya bisa dimainkan dengan jari. Itulah sebabnya mainan ini diberi nama fingerboard.

Harga fingerboard bervariasi, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan, juga desainnya. Yang versi murah sekitar Rp 20 ribu rupiah, sedangkan yang bahannya berkualitas, biasanya terbuat dari kayu maple berkisar Rp 70 rubu-100 ribu.

Agar lebih seru, bisa sekalian beli rail dan ramp yang harganya Rp 20-100 ribu. Letakkan saja set fingerboard itu di meja kerja. Selain bisa menghilangkan stres, meja kerja bisa terlihat lebih artistik dengan kehadiran mainan unik ini.

2. Rubik

 

First Round of the #3x3 #Blindfolded event will begin at 6pm 👀

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rubik's (@rubiks_official) pada

Siapa yang tak kenal mainan kubus tiga dimensi ini? Tidak hanya di mal atau toko online, kubus rubik banyak dijual di lapak pedagang kaki lima. Harganya pun murah-murah. Namun tentu saja ada harga ada rupa. Yang versi 3 x 3 paling murah hanya Rp 20 ribu. Tapi bahannya plastik dan kotaknya rentan lepas. Rubik yang lebih bagus harganya Rp 100-200 ribu. Dijamin tak mudah rontok, dan warnanya pun tidak mudah pudar. Biar lebih awet, sediakan juga pelumasnya, harganya hanya Rp 20 ribuan.

Rubik memang dianggap sebagai mainan pereda stres. Tapi hati-hati bila belum tahu kuncinya, stres malah bisa bertambah karena gagal melulu menyusun warnanya dengan benar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Squeeze ball

Nah, kalau mainan yang satu ini ada yang memang diciptakan khusus untuk melawan stres dan penyakit lainnya. Squeeze ball namanya. Kelihatannya memang hanya bola dengan permukaan runcing tapi tumpul. Namun, mainan yang digunakan dengan cara diremas-remas ini disebut-sebut bisa melancarkan peredaran darah. Saat tangan melakukan gerakan meremas-remas, darah akan terpompa ke seluruh organ tubuh. Inilah yang membuat stres menjauh lantaran darah mengalir lancar.

Bagusnya lagi, harga squeeze ball terbilang murah untuk khasiat seperti itu, yakni hanya Rp 40-100 ribu. Ada juga versi squueze ball yang permukaannya rata.

4. Fidget spinner

Mainan kekinian! Begitulah banyak orang menjuluki mainan ini. Mainan ini bisa jadi alat ampuh menghilangkan stres di tempat kerja. Cukup pegang bagian tengahnya, lalu putar. Harga fidget spinner yang paling murah hanya Rp 5 ribu. Namun bahannya plastik biasa. Kalau mau yang lebih berkelas, sediakan paling tidak Rp 50 ribu untuk yang berbahan metal. 

3 dari 3 halaman

5. Plastisin

 

cr @abyandislimes

Sebuah kiriman dibagikan oleh jessi (@ksatisfy) pada

Kids zaman now mungkin sedikit yang tahu ada mainan plastisin yang harganya tidak sampai Rp 10 ribu dan tidak mudah kering. Plastisin alias “malam” mampu mengasah saraf motorik, terutama buat anak. Kalau buat orang dewasa, ada manfaat sebagai pereda stres.

Sediakan plastisin di meja kerja untuk dirakit menjadi bentuk apa pun. Tangan yang bergerak akan membuat darah lebih lancar mengalir. Plastisin juga bisa dibuat sendiri dengan bahan tepung terigu dan minyak goreng. Namun daya tahannya kurang. Terkena udara sejam-dua jam sudah kering.

6. Pemijat kepala

Pemijat kepala memang tidak tergolong mainan, namun dengan gerakan menekan-nekan kulit kepala dengan alat ini ternyata stres pada diri seseorang bisa mereda. Sambil menutup mata dan mendengarkan alunan musik, alat ini pasti ampuh untuk menghilangkan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini