Sukses

Ini Perawatan Kulit yang Tepat Setelah Olahraga

Simak beberapa perawatan kulit yang tepat setelah olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga tidak hanya baik bagi kesehatan, namun juga bermanfaat bagi kulit Anda. Dengan berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan mencegah kerusakan radikal bebas.

Meski bermanfaat bagi kulit, Anda tidak boleh lupa bahwa dengan olahraga akan menghasilkan keringat. Sehingga Anda membutuhkan perawatan yang tepat untuk memastikan kulit tetap sehat. Dilansir dari Boldsky pada Jumat (26/1/2018), Anda harus melakukan sejumlah perawatan kulit yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat setelah berolahraga.

1. Hindari memegang wajah

Setelah berolahraga, tubuh Anda akan berkeringat dan akan tumbuh kuman serta bakteri. Menyentuh wajah setelah berolahraga dapat mentransferkan bakteri dari tangan Anda dan menyebabkan infeksi.

2. Gunakan tissue daripada toilet

Banyak orang membuat kesalahan di mana menyeka keringat di wajah dengan handuk yang sama dengan yang mereka gunakan menyeka bagian tubuh lainnya. Hal ini membahayakan kulit wajah dan menyebabkan infeksi serta jerawat. Daripada menggunakan handuk, gunakan tisu untuk menyeka keringat di wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan Kulit yang Tepat Setelah Olahraga

3. Gunakan air hangat

Setelah melakukan sesi olahraga yang berat, kebanyakan dari Anda mungkin memilih mandi dengan air dingin. Mencuci kulit Anda dengan air dingin bisa melucuti kulit Anda dari minyak alami dan menjadikkanya kering dan kasar. Gunakan air hangat untuk mandi dan mencuci muka.

4. Rawat dengan lembut

Banyak orang yang melakukan perawatan kulit setelah olahraga secara kasar dengan menyeka tubuh dengan handuk atau mengoleskan pembersih wajah. Hal ini bisa menyebabkan kemerahan dan peradangan sehingga menyebabkan jerawat. Sebaiknya perlakukan kulit secara lembut dengan menyekanya pelan-pelan.

5. Gunakan toner

Olahraga membuat kulit Anda dehidrasi dari dalam ke luar. Sehingga penting bagi Anda untuk memberi hidrasi pada kulit dengan minum air yang banyak dan menyemprotkan toner ringan di kulit untuk mengurangi resiko dehidrasi kulit dari luar.

3 dari 3 halaman

Perawatan Kulit yang Tepat Setelah Olahraga

6. Pelembab

Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan setelah menggunakan toner. Oleskan pelembab ringan ke kulit untuk memastikan kulit Anda tetap lembut bahkan setelah olahraga.

7. Hindari penggunaan riasan

Hindari penggunaan riasan setidaknya satu jam setelah berolahraga. Menggunakan riasan setelah berolahraga dapat menyebabkan jerawat.

8. Lindungi kulit Anda

Ini menjadi tip perawatan kulit terakhir setelah berolahraga untuk mencegah jerawat yang tidak diinginkan. Lindungi kulit Anda dengan tabir surya karena beberapa detik terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.