Sukses

Ternyata Makan Camilan Bisa Memicu Hidup Jadi Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Menikmati camilan ketika bekerja ataupun dalam kegiatan sederhana seperti menonton televisi, sering disamakan dengan gaya hidup tidak sehat. Padahal, makan camilan sendiri bisa membantu gaya hidup yang lebih sehat ketika dilakukan dengan cara yang benar. Seperti yang dirilis oleh Lifehacks.org pada Jumat (26/1/2018).

Camilan yang dianggap sebagai makanan jahat karena mengandung banyak gula dan menambah porsi makan harian ternyata tidak otomatis dianggap sesuatu yang tidak baik. Karena kebiasaan makan camilan disebabkan oleh keinginan tubuh yang ingin mempertahankan kadar gula, sebelum memasuki waktu makan selanjutnya.

Daripada mengonsumsi makanan berat berlebihan, menikmati camilan menjadi jalan keluar yang lebih baik. Penelitian oleh Cameron JD, Cyr MJ, dan Doucet E, yang dipublikasikan di US National Library of Medicine, National Institute of Health, menunjukkan hal yang menarik.

Ternyata, meningkatkan asupan makan termasuk melalui menikmati camilan tidak serta-merta menjadi penyebab kenaikan berat badan pada orang yang sudah menjalani penelitian selama delapan minggu. Dengan begitu, camilan dapat dijadikan sebuah cara untuk membiasakan diri untuk hidup sehat dengan beberapa cara berikut.

Camilan sebagai penghambat makan besar berlebihan

Mengonsumsi camilan dengan tepat dapat membantu menghambat nafsu makan yang lebih besar ketika waktu makan telah tiba. Hal ini disebabkan tubuh telah menerima kalori dari camilan sehingga tubuh secara tidak sadar akan membatasi kalori lainnya masuk dalam tubuh. Tentunya tidak ada lagi perasaan ingin menikmati makanan sebanyak-banyaknya ketika makan besar.

 

1 dari 3 halaman

Camilan membantu untuk menambah nutrisi

Ilustrasi Kacang Almond (iStockphoto)​

Menikmati makanan sehat sebagai camilan, seperti kacang-kacangan, akan membantu Anda mendapatkan nutrisi lebih dalam makanan. Apalagi ketika banyak kegiatan padat yang dilakukan, camilan dengan kalori rendah akan membantu tubuh tetap berenergi sehingga kegiatan dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, camilan juga menghemat waktu Anda, bukan?

2 dari 3 halaman

Camilan bantu tubuh tetap semangat

Kelelahan ketika menunggu waktu makan besar, dapat ditutupi dengan mengonsumsi camilan yang ada di meja kerja. Sediakan beberapa jenis biskuit atau permen secukupnya yang dapat meningkatkan gula darah. Dengan begitu, mata kembali menyala dan tubuh siap kembali bekerja. Apakah Anda siap untuk menikmati camilan dengan cara yang sehat?

Artikel Selanjutnya
Sering Lapar di Malam Hari? Coba Makan 8 Camilan Ini Tanpa Takut
Artikel Selanjutnya
Penggemar Wisata Kuliner, Intip Beragam Menu Ayam Lezat di Sini