Sukses

5 Cara Praktis Dapat Uang Tambahan Tanpa Repot

Liputan6.com, Jakarta Adakah cara untuk mendapatkan uang tambahan tanpa repot? Jawabannya ada. Tapi bukan dengan cara minta ke orangtua atau pasangan, ya. Minta ke orangtua terlalu malu-maluin, apalagi kalau kita sudah berusia produktif.

Coba dengan melakukan trik unik berikut ini, artinya Anda sudah berusaha memanfaatkan sesuatu yang ada di depan mata. Contohnya dari smartphone yang Anda punya, dari hobi, atau dari apapun yang sudah Anda miliki.

Tak perlu repot-repot memikirkan caranya. DuitPintar.com sudah merangkum beberapa ide menarik untuk dapat uang dengan malas-malasan. Yuk disimak ulasannya.

1. Isi survei online dan dapatkan rewards

Ini adalah cara dapat uang paling gampang yang bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Yes, isi survei online. Cuma isi survei, maka Anda pun akan dibayar. Beberapa bahkan bayarnya pakai dolar lho.

Beberapa situs survei online berbayar tersebut, antara lain iPanel Indonesia, ViewFruit, Toluna, dan lain-lain. Cara mainnya gampang. Anda hanya perlu sign up di salah satu situs tersebut. Lalu Anda bakal dapat notifikasi via email setiap kali ada survei terbaru. Nah, Anda tinggal isi survei dan dapatkan imbalan sesuai dengan ketentuan yang dijanjikan.

Biasanya reward yang dikasih berbentuk poin. Kalau poin ini sudah terkumpul sampai jumlah tertentu, Anda pun bisa menukarkannya dengan uang tunai, voucher, atau hadiah-hadiah lain.

2. Dapatkan cashback hanya dengan foto struk belanja

Di luar negeri, aplikasi pemberi rewards saat Anda foto struk belanja memang sudah lumrah. Tapi sayangnya di Indonesia masih sedikit. Snapcart adalah salah satunya. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk dapat cashback dari setiap struk belanja. Cara dapat uang dari aplikasi ini adalah dengan instal aplikasinya dan setelah itu Anda hanya perlu belanja ke supermarket atau swalayan untuk dapatkan struk.

Langkah selanjutnya, foto struk belanja tersebut dan unggah ke Snapcart. Setelah sukses, Anda akan dapat cashback yang ditransfer ke Snapcart Balance Anda. Ketika uang di Snapcart Balance Anda sudah mencapai nilai tertentu, Anda bisa menukarkannya dengan berbagai pilihan reward, mulai dari uang tunai, voucher, sampai uang non-tunai untuk e-wallet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Main games

Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Main game tak lagi sekadar hobi. Kini, aktivitas ini justru sering jadi cara dapat uang bagi para pencinta gaming. Ada dua cara yang bisa Anda tempuh untuk dapat uang dari game. Yang pertama, Anda bisa memainkan game yang kasih reward berupa uang.

Cara kedua yang sekarang sedang umum adalah jadi gamer profesional. Beberapa lahan uang yang dapat dijajaki oleh gamer profesional, antara lai menjual akun game yang telah mencapai level tinggi, jadi joki untuk akun gamer lain, yaitu memainkan ID game dari user lain hingga capai level tertentu, bekerja buat perusahaan gamer, dan menjadi game-tester.

4. Jual barang-barang bekas yang dimiliki

Periksa lemari Anda, apakah ada barang-barang yang tidak terpakai? Nah, Anda berdayakan saja barang-barang tersebut untuk jadi uang. Pilih barang-barang bekas yang masih layak pakai. Kemudian, foto dan unggah ke media sosial atau platform jual beli online, seperti Bukalapak. Ingin lebih profesional lagi? Bisa. Datangi lapak-lapak yang ada di pasar loak. Tak jarang kita bisa temukan barang-barang branded, lho. Nah, Anda bisa jual lagi barang tersebut ke orang lain.

 

3 dari 3 halaman

5. Bikin kos atau menyewakan kamar yang tak terpakai di rumah

 Bisnis kos-kosan sebenarnya adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Ibaratnya tinggal ongkang-ongkang kaki, tapi uang masuk ke rekening tiap bulan. Nominalnya juga bisa dibilang paling besar kalau dibandingkan dengan cara lain yang sudah disebutkan di atas. Tapi masalahnya tidak semua orang punya rumah yang cukup besar yang bisa berfungsi untuk jadi kos-kosan. Nah, bersyukurlah Anda yang punya dua hal tersebut. Anda bisa gunakan aset ini sebagai cara dapat uang tanpa repot-repot kerja.

Kalau memang tanah atau bagian rumah Anda yang tidak terpakai masih luas, bisa dibuat jadi kos-kosan. Tapi kalau misalnya hanya satu atau dua kamar yang menganggur, Anda bisa sewakan saja lewat situs seperti AirBnB. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini