Sukses

Tidur Lebih Nyenyak dengan Santap 7 Makanan Ini Sebelum Tidur

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar makan sebelum tidur akan membuat Anda mudah gemuk? Namun tidak banyak orang yang mampu menahan hasrat nyemil sebelum tidur.

Pastikan camilan yang Anda pilih adalah makanan yang mampu membantu mengantuk dan tidur lebih nyenyak. Jika Anda sembarang makan makanan kecil sebelum tidur akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak karena kekenyangan.

Melansir dari Mashed pada Minggu (20/1/2018), Anda bisa memakan 7 jenis makanan ini sebelum tidur. Jenis makanan ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

1. Pisang

Jika Anda mengalami kesulitan tidur tanpa makanan ringan, bisa makan buah pisang. Pisang sendiri mengandung tryptophan dan potassium yang membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Rasanya yang manis, bisa dijadikan pengganti dessert ketika Anda lupa memakannya sehabis makan malam.

1 dari 3 halaman

Makanan yang harus dimakan sebelum tidur

2. Jus ceri

Jus ceri baik untuk Anda dalam banyak hal. Namun tahukah Anda bahwa jus ceri mampu membuat tidur Anda lebih nyenyak? Jus ceri dapat membantu meningkatkan melatonin yang merupakan hormon alami untuk membuat Anda merasa ngantuk.

3. Salmon atau tuna

Makan salmon atau tuna untuk makan malam dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Menurut Refinery 29, ikan sehat ini mengandung tryptophan, vitamin B6 yang tinggi, serta dapat meningkatkan produksi melatonin yang membuat Anda mudah mengantuk dan tidur nyenyak sepanjang malam.

4. Sayuran hijau

Selain makan salmon dan tuna, jangan lupa untuk menambahkan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya dalam menu makan malam Anda. Sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan melatonin. Pastinya membantu Anda untuk tidur.

2 dari 3 halaman

Makanan yang harus dimakan sebelum tidur

5. Susu rendah lemak

Dalam sebuah wawancara dengan Greatist, ahli diet Lindsey Joe mengatakan bahwa susu rendah lemak yang dikonsumsi dengan beragam seperti mencampurnya dengan sereal akan membantu seseorang untuk tidur. Makanan seperti keju, susu, dan yogurt tertentu dapat mendorong tubuh Anda untuk beristirahat.

6. Ubi jalar

Ubi jalar bisa Anda tambahkan dalam menu makan malam bersama salmon dan sayuran hijau. Menurut Health, ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ubi jalar juga akan menambahkan potasium yang mampu melemaskan otot sehingga menghasilkan tidur malam yang lebih berkualitas. Rasanya yang manis dan gurih akan membuat Anda ketagihan.

7. Kiwi

Menurut sebuah penelitian, kiwi adalah salah satu buah yang membantu Anda beristirahat dengan mudah di malam hari. Peneliti di Norwegia menemukan bahwa makan kiwi sekitar 1 jam sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak daripada varietas buah lainnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Men's Health, ahli diet klinis dari UCLA Health Erin Morse mengatakan bahwa kemungkinan karena kiwi kaya antioksidan yang meliputi serotonin. Kandungan serotonin dalam kiwi yang membuat Anda tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Artikel Selanjutnya
Ternyata Makan Camilan Bisa Memicu Hidup Jadi Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Sering Lapar di Malam Hari? Coba Makan 8 Camilan Ini Tanpa Takut