Sukses

Kesalahan yang Paling Umum Dilakukan Saat Makan Masakan Jepang

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda suka makan masakan Jepang? Jika iya, mungkin Anda juga harus mahir menggunakan sumpit.

Dilansir dari independent.co.uk, Rabu (17/1/2018), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang paling banyak dilakukan ketika Anda makan masakan Jepang. Penasaran?

1. Menenggalamkan sushi ke dalam kecap

Seringkali orang-orang ingin mengalahkan rasa ikan mentah yang segar dan lembut dengan merendam sushi ke dalam kecap, apakah Anda salah satunya? Hindari cara ini agar nasi tidak jatuh ke dalam saus, cukup celupkan potongan ikannya saja.

2. Menumpuk jahe di atas sushi

Acar jahe secara tradisional digunakan sebagai pembersih langit-langit mulut. Acar jahe seharusnya dimakan di antara potongan ikan yang berbeda dan bukannya dijadikan hiasan di atas sepotong sushi.

Ketika Anda selesai memakan sushi dengan tuna, bersihkan mulut dengan acar jahe, sebelum melahap sushi salmon. Jahe tidak dimaksudkan untuk dimakan bersamaan dengan sushi, menurut masyarakat tradisional Jepang.

3. Makan ramen dengan sopan

Ternyata, Anda tidak perlu repot-repot bersikap sopan menyesap sup atau ramen. Saat makan ramen, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menghirup mienya.

Ini menunjukkan rasa hormat Anda kepada kokinya dan membantu mendinginkan mie sehingga tidak membakar bagian dalam mulut Anda. Pernah coba cara ini ketika Anda makan ramen?

4. Menyeduh teh hijau dalam air mendidih

Jangan pernah menuangkan air mendidih pada teh hijau Jepang, karena cara ini akan membakar daun, dan menciptakan rasa pahit.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesalahan saat makan masakan Jepang

5. Minum sake dengan nasi

Kaum yang sangat tradisional percaya bahwa Anda tidak boleh menikmati sake dengan nasi, karena sake juga dibuat dari beras yang akan menimbulkan rasa bosan.

6. Menggunakan terlalu banyak kecap

Kecap seharusnya dituangkan sebanyak yang Anda butuhkan saja.

7. Mencampur wasabi dengan kecap

Mencampurkan wasabi ke dalam kecap hanya akan mengurangi kenikmati ikan di dalam sushi Anda. Kecap memiliki banyak sodium, sedangkan wasabi mengandung terlalu banyak bumbu yang akan menghambat rasa sushi yang halus.

8. Salah menggunakan sumpit

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan adalah menggunakan sumpit secara vertikal ke dalam mangkuk nasi ketika makan. Menggunakan sumpit secara vertikal mengingatkan orang Jepang akan pemakaman.

9. Makan sushi dingin

Sushi seharusnya dihidangkan selagi hangat dan lembut, tidak dingin dan keras. Cara ini digunakan agar Anda bisa menikmati rasa ikan di dalamnya.

10. Membongkar hiasan

Hiasan di dalam sushi maksudnya adalah membantu pencernaan Anda.

3 dari 3 halaman

Kesalahan saat makan masakan Jepang

11. Makan sup miso dengan sendok

Sup miso cenderung memiliki mie yang lebih tipis dan disajikan dalam sebuah mangkuk yang lebih kecil, sehingga Anda bisa meneguknya langsung dari mangkuk tersebut.

12. Membekukan kaldu

Jangan pernah membekukan kaldu karena hanya akan menghilangkan aroma yang seharusnya.

13. Menuangkan sake untuk diri sendiri

Di Jepang, sake dituangkan untuk melayani orang lain. Jangan pernah menuangkan sake untuk diri sendiri.

14. Memanaskan sake

Sake berkualitas tinggi harus selalu disajikan dengan sedikit dingin. Pernah melakukan salah satu kesalahan saat makan masakan Jepang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.