Sukses

Menikmati Cinta di Namsan Tower

Liputan6.com, Jakarta Satu dekade belakangan, Korea Selatan menjadi alternatif lokasi liburan yang semakin digandrungi oleh kelompok masyarakat muda, terlebih mereka yang tergila-gila dengan drama Korea atau artis-artis K-Pop. Wajah para idol ini memang terpampang di hampir seantero penjuru negeri, mulai dari papan iklan toko, billboard, hingga di bus-bus dan subway.

Akan tetapi, Korea selatan tampaknya tidak melulu tentang drama atau K-Pop. Negara yang dipimpin oleh Presiden Moon Jae-in ini juga dikenal sebagai negeri yang kaya dengan budaya, sekaligus tanah yang sangat romantis. Romantis? Iya, tidak percaya?

Bagi mereka yang ingin mengabadikan kisah cintanya, ada cukup banyak daftar tempat wisata di Seoul yang bisa menjadi pilihan. Namun, di antara itu semua, yang paling terkenal adalah Namsan Tower atau N Seoul Tower di Yongsan, Seoul.

Namsan Tower menjadi ikon paling termasyhur bagi pasangan kekasih yang ingin mengikat cinta mereka. Di sini, pasangan kekasih yang ingin mengabadikan cinta mereka dapat memasang gembok cinta atau love lock dan menggantungnya di pagar jembatan di sana.

Salah satu kuil kecil untuk berdoa di area Namsan Tower, Yongsan, Jumat (12/1/2018). (Liputan6.com/Hotnida Novita Sary)

Pasangan kekasih lalu bisa menuliskan nama mereka, puisi, deklarasi cinta atau sejenisnya pada gembok tersebut. Kunci gembok tersebut kemudian dibuang. Gembok yang menjadi simbol dari cinta yang terkunci dan tak akan pernah terpisahkan.

 

1 dari 3 halaman

Objek Wisata Menara Pertama di Korea

Pemandangan Kota Seoul dari atas Gunung Namsan di Namsan Tower, Yongsan, Seoul, Jumat (12/1/2018). (Liputan6.com/Hotnida Novita Sary)

Namsan Seoul Tower adalah tempat wisata berbentuk menara pertama di Korea. Bagian atas menara berada di ketinggian 480 meter di atas permukaan laut. Menara setinggi 236,7 meter tersebut berada di atas Gunung Namsan (243 meter). Ini menjadikan Namsan Tower salah satu menara tertinggi di bagian timur Seoul. Menara ini pertama kali didirikan sebagai menara siaran untuk mengirimkan sinyal TV dan radio pada tahun 1969.

Selain pemandangan Kota Seoul dari atas bukit, terdapat restoran serta beberapa tempat hiburan lainnya di dalam menara.

Tak hanya pasangan muda, saat Liputan6.com menyambangi Namsan Tower pada awal Januari 2018 lalu, terdapat juga beberapa pasangan yang sudah lanjut sambil bergandengan tangan menjelajah jembatan Namsan. Konon, suasana romantis akan makin terasa pada malam hari. Lampu-lampu hias disediakan di lokasi untuk mempercantik pemandangan. Namun sayang, udara dingin menusuk Seoul pada malam hari memaksa kami untuk memilih kunjungan pada siang hari.

Sebelum memasang gembok cinta di Namsan Tower, pengunjung biasanya sudah mempersiapkan gemboknya. Ada yang ditulisi nama sepasang kekasih, pepatah-pepatah, dan puisi cinta, ataupun impian dan pengharapan cinta. Bahkan, ada beberapa yang ditempeli foto stiker pasangan yang sedang berciuman atau berpelukan.

Jika belum punya gembok, toko cendera mata di sekitar Namsan Tower juga menjualnya. Setelah memasang dan mengunci gembok cinta di tempat yang diinginkan, ritualnya adalah melempar kuncinya ke bawah gunung. Filosofinya adalah cinta sang pemilik gembok takkan terpisahkan selamanya. Namun begitu, kini tersedia tempat penyimpanan kunci yang berbentuk seperti kotak pos di lokasi. Kebijakan ini dilakukan agar kunci-kunci yang lama-lama berkarat tidak merusak tanah dan lingkungan sekitar.

 

2 dari 3 halaman

Dukungan Promosi dari Pemerintah

Namsan Tower di Yongsan, Seoul, menjadi ikon paling termahsyur bagi pasangan kekasih yang ingin mengikat cinta mereka, Jumat (12/1/2018). (Liputan6.com/Hotnida Novita Sary)

Untuk sampai di Namsan Tower, kamu bisa naik subway dari stasiun terdekat, lalu turunlah di Stasiun Myeong-dong. Dari sana, kamu bisa melihat petunjuk arah untuk berjalan mendaki Gunung Namsan sekitar 1,5 kilometer.

Akan tetapi, kalau enggan berjalan, kamu bisa menaiki cable car yang mirip seperti kereta gantung. Ongkos naik cable car adalah 8.500 won (pulang pergi) atau 6.000 won (sekali jalan). Nah, kalau mau naik ke atas menara, kamu masih harus merogoh kocek 9.000 won per orang.

Pemandangan dari cable car menuju Namsan Tower, Seoul, Jumat (12/1/2018). (Liputan6.com/Hotnida Novita Sary)

Kepopuleran Namsan Tower sebagai lambang pengikat cinta dan keromantisan ternyata juga didukung oleh promosi yang sangat baik dan terpadu dari pemerintahnya. Bagian pariwisata Negeri Ginseng selalu gencar mempromosikan setiap destinasi wisatanya.

Tak hanya pemerintah, dunia hiburan pun turut mendukung promosi Namsan Tower sebagai ikon cinta. Buktinya, Namsan Tower beberapa kali ditampilkan dalam drama, film, atau iklan komersial. Bagi pencinta serial drama Korea pasti ingat bahwa tempat ini pernah ditampilkan dalam drama My Love from the Stars.

Artikel Selanjutnya
Di Seoul Music Awards 2018, Taemin Berduka hingga BTS Menang
Artikel Selanjutnya
7 Hotel Terbaik di Dunia Tahun 2018 Versi Traveler, Apa Saja?