Sukses

9 Kebiasaan Merawat Kulit yang Bikin Cepat Tua

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan merawat kulit membuat Anda tampil sempurna dengan kulit sehat dan tidak kusam. Meski Anda sudah melakukan rutinitas perawatan yang tepat, namun belum tentu Anda melakukannya sebagai kebiasaan yang baik. Bisa jadi, rutinitas perawatan kulit yang Anda lakukan merupakan bagian dari kebiasaan buruk dari merawat kulit.

Dilansir dari Boldsky pada Kamis (18/1/2018), ada sembilan kebiasaan buruk dalam merawat kulit yang harus Anda hindari. Pasalnya, akan memberikan efek negatif jangka panjang terhadap keseluruhan penampilan dan kesehatan kulit Anda.

1. Tidur dengan makeup

Sebagian besar dari Anda mungkin terbiasa tidur dengan makeup masih menempel di wajah. Ini merupakan salah satu kebiasaan perawatan kulit terburuk yang harus dihindari. Produk yang dibuat dari bahan kimia jika dibiarkan semalaman di kulit bisa berdampak pada kesehatan dan penampilan kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

9 Kebiasaan Merawat Kulit yang Bikin Cepat Tua

2. Membersihkan kulit secara berlebihan

Pembersihan kulit merupakan langkah yang harus dilkaukan untuk merawat kulit. Namun jika berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Tidak hanya membuat kulit kekurangan minyak lamai namun juga membuat kulit rentan pada kerusakan lainnya. Untuk menghindarinya, cukup membersihkan kulit Anda tidak lebih dari 2 kali sehari.

3. Memencet jerawat

Memencet jerawat mungkin terlihat sebagai jalan termudah untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun sebenarnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi yang parah dan akan menimbulkan jerawat lainnya. Sebagai gantinya, gunakan obat khusus untuk menghilangkan jerawat.

4. Mengabaikan area di sekitar mata

Kulit di sekitar mata begitu tipis dan sensitif. Namun banyak orang yang mengabaikan perawatan di area ini sehingga mudah muncul lingkaran hitam, mata bengkak, bahkan keriput. Mulailah untuk memperhatikan area di sekitar mata supaya terlihat lebih segar dan awet muda dengan memberikan pelembap.

5. Mengabaikan tabir surya

Mengabaikan tabir surya adalah kebiasaan perawatan terburuk yang menyebabkan kulit menjadi tidak menarik. Banyak wanita yang melewatkan tabir surya jika matahari tidak begitu terik. Namun perlu Anda ketahui bahwa paparan sinar matahari sedikit saja bisa membahayakan kulit Anda dan menyebabkan berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan.

3 dari 3 halaman

9 Kebiasaan Merawat Kulit yang Bikin Cepat Tua

6. Menggunakan terlalu banyak produk

Menggunakan terlalu banyak produk lebih membawa dampak yang kurang baik bagi kulit Anda. Hal ini dikarenakan produk makeup dapat menghilangkan kelembapan alami dari kulit Anda. Cukup gunakan beberapa produk makeup yang benar-benar penting sehingga kulit Anda tetap sehat dan bersinar.

7. Tidak meregenarasi kulit

Regenerasi kulit sangat penting untuk mengeluarkan kulit mati Anda. Ini menjadi langkah perawatan kulit yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Di sisi lain, kulit yang tidak teregenerasi akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan berjerawat. Lakukan regenerasi dengan scrub setidaknya seminggu sekali untuk memastikan pori-pori tetap bersih.

8. Menggunakan pembersih berbahan keras

Pembersih wajah yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras akan berpengaruh pada kesehatan dan penampilan kulit Anda. Karena akan menyerap kelembapan alami dan membuat kulit menjadi dehidrasi. Sangat dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung bahan alami lebih banyak daripada bahan kimia.

9. Tidak melembapkan daerah leher

Kebanyakan wnaita membuat kesalahan dengan tidak melembapkan daerah leher. Hal ini menyebabkan daerah leher terlihat menampakkan tanda penuaan dini dan terlihat lebih gelap dari kulit wajah Anda. Biasakan untuk melembapkan daerah leher Anda dengan pelembap wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini