Sukses

Bukan Sombong, 1 Sifat Ini Bikin Anda Dibenci Orang

Liputan6.com, Jakarta Apa sifat menyebalkan yang membuat Anda dibenci oleh orang lain? Sombong, angkuh, atau kejam? Ternyata bukan itu. Sifat yang paling membuat Anda dibenci orang adalah merendah untuk menyombong.

Sebuah penelitian dari Harvard dan University of North Carolina Chapel Hill menunjukkan, orang zaman sekarang tidak dapat dibohongi dengan sifat menyembunyikan kesombongan dengan merendah.

Humblebragging adalah istilah bahasa Inggris untuk merendah untuk menyombong. Artinya Anda menutupi kesombongan dengan kesederhanaan.

Sifat ini ternyata lebih dibenci bahkan daripada sombong sekali pun. Temuan ini dipublikasikan baru-baru ini dapat Journal of Personality and Social Psychology, seperti dilansir dari Time, Rabu (17/1/2018).

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Sombong, 1 Sifat Ini Bikin Anda Dibenci Orang

"Ini fenomena umum. Semua orang pernah bertemu dengan orang yang menyebalkan, baik di media sosial maupun di lingkungan kerja," ujar penulis studi Ovul Sezer, asisten profesor di UNC.

Saat orang melakukan humblebragging, mungkin mereka berharap tidak terlihat sombong. Namun, sebenarnya itu lebih menyebalkan karena menutupi kesombongan dengan kesederhanaan.

Kalimat yang menunjukkan humblebragging yakni seperti, "Aku enggak tahu kenapa aku terus yang diminta melakukan tugas terpenting di tim ini." Atau, "Aku benci terlihat muda, sampai dikira anak umur 19 tahun."

 

3 dari 4 halaman

Bukan Sombong, 1 Sifat Ini Bikin Anda Dibenci Orang

Dari survei yang dilakukan pada 646 orang, 70 persen pernah bertemu dengan humblebragger di lingkungannya. Jika dibandingkan dengan orang yang suka mengeluh, mereka juga lebih menyebalkan.

Namun, tanpa sadar mungkin Anda pernah melakukannya. Karena itu, mungkin ini saat yang tepat untuk introspeksi, apakah Anda seorang humblebragger?

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.