Sukses

6 Jurus Ampuh agar Cepat Dipanggil Wawancara Lowongan Kerja

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit di antara kita yang melamar pekerjaan ke banyak perusahaan, tapi tak kunjung dipanggil untuk wawancara. Di sisi lain, malah ada yang langsung dapat tawaran kerja tanpa harus repot-repot melamar. Kok bisa ya?

Hal seperti ini memang memang menyebalkan. Faktor penyebabnya ada banyak. Bisa jadi pelamar untuk posisi dan perusahaan yang Anda incar ada banyak sekali. Alhasil, pihak manajemen pun pusing untuk menyeleksi kandidat yang cocok.

Tapi ada juga penyebab lain yang mengakibatkan Anda lama dipanggil wawancara kerja. Bisa jadi ini salah Anda sendiri. Mungkin Anda lupa atau lalai melakukan beberapa hal yang akhirnya merugikan diri sendiri.

Supaya tak rugi waktu, tenaga, dan uang menunggu panggilan kerja yang tak kunjung datang, terapkan enam jurus ampuh dari DuitPintar.com ini.

1. Biarkan orang lain tahu Anda mencari lowongan

Cara ini efektif untuk dilakukan dengan bantuan LinkedIn. Coba periksa di profil Anda. Pasti ada foto, nama, dan di bawahnya ada kolom headline yang digunakan untuk mendeskripsikan jabatan dan tempat kerja Anda, bukan?

Di kolom headline, jangan ragu untuk menuliskan kalimat yang menunjukkan kalau Anda sedang butuh pekerjaan. Atau bisa juga Anda mem-posting status di homepage yang menyatakan kalau sedang mencari pekerjaan baru. Dengan melakukan hal ini, maka orang-orang yang ada di dalam network Anda bakal tahu kalau Anda sedang mencari lowongan kerja. Tidak menutup kemungkinan mereka bakal merekomendasikan Anda untuk melamar di perusahaan tempatnya bekerja.

 

1 dari 3 halaman

2. Jangan alay di media sosial

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Kendalikan media sosial Anda dengan baik. Tak perlu unggah yang aneh-aneh ya. Di era digital, para tim rekrutmen HRD tentu tidak gaptek untuk mencari tahu latar belakang Anda lewat media sosial. Dengan mengunjungi situs tertentu, mereka bisa mencari informasi tentang Anda dengan mudah. Mereka juga bisa melacak media sosial apa saja yang Anda miliki.

Malu kalau Anda melamar untuk posisi marketing manager yang di CV yang sudah ganteng, keren, dan modis, eh tapi foto Instagramnya malah screenshot chat berantem sama pacar. Sayang kan?

3. Berteman dengan tim HRD di perusahaan lain via LinkedIn

Berteman gak mesti harus nongkrong-nongkrong bareng dulu. Berteman di LinkedIn juga bisa kan? Tim HRD, khususnya yang bagian rekrutmen umumnya akan berbagi info soal lowongan kerja lewat status yang mereka tulis. Nah, ketika memang lowongan itu pas untuk Anda, tak usah ragu. Langsung komen saja dengan mempromosikan page LinkedIn Anda. Selain itu, tak ada salahnya juga untuk aktif bertanya soal lowongan kerja yang sedang dibuka. Barangkali ada yang cocok.

 

2 dari 3 halaman

4. Jangan hanya bergantung kepada satu situs pencari kerja

Ilustrasi Wanita Karir (iStockphoto)

Hanya mengandalkan satu situs untuk cari lowongan? Jangan protes kalau lama dipanggil interview kerja. Masih banyak situs yang bisa Anda manfaatkan untuk berburu pekerjaan. Ada baiknya Anda mendaftar di semua situs tersebut untuk memperbesar peluang mendapat pekerjaan.

5. Masukkan lamaran pekerjaan lewat website perusahaan

Ketika browsing di situs pencari kerja, tiba-tiba Anda menemukan lowongan kerja di perusahaan A yang jabatannya sesuai dengan yang Anda incar. Langsung masukkan CV Anda di sana, dan jangan lupa juga masukkan CV Anda di website perusahaannya.

Bila Anda menemukan email HRD perusahaan tersebut, email juga saja. Kenapa harus begitu? Karena jika perusahaan tersebut menerima banyak lamaran dari Anda melalui beragam jalur yang berbeda, mereka akan berpikir kalau Anda memang kandidat yang serius. Selain itu, ini juga memperbesar peluang lamaran Anda sampai dan dibaca oleh pihak perusahaan.

6. Gunakan jasa headhunter atau konsultan rekrutmen bila perlu

Headhunter sejatinya bakal menjadi perantara antara pelamar dan perusahaan yang buka lowongan kerja. Anda bisa menghubungi mereka via LinkedIn, tapi harus tahu dulu ya perusahaan headhunter yang memang bonafit.

Artikel Selanjutnya
29 Capaian Anies-Sandiaga dalam 100 Hari Pertama Pimpin Jakarta
Artikel Selanjutnya
BUMN Ini Buka Lowongan Kerja, Anda Tertarik?