Sukses

5 Keahlian yang Wajib Dimiliki Pencari Kerja Zaman Now

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan dan ketrampilan mumpuni wajib dimiliki pencari kerja agar bisa bersaing dengan pencari kerja lainnya. Terlebih untuk pencari kerja zaman now.

Kemajuan zaman menuntut pekerja memiliki keahlian yang lebih tinggi dan lebih banyak. Makin ahli seseorang, makin besar pula peluangnya mendapat karier dan sukses di dunia kerja.

Kemampuan dan ketrampilan itu akan mempengaruhi kelancaran karier. Bahkan jauh sebelumnya, sebuah karier bisa didapatkan tergantung ketrampilan yang dimiliki.

Pernah lihat film serial “Suits” yang populer? Mike Ross, salah satu aktor utamanya, diceritakan bisa memiliki karier yang bagus sebagai pengacara meski tidak punya ijazah di bidang hukum. Keterampilanlah yang membuatnya menonjol, di samping bantuan dari lingkungan terdekatnya.

Kira-kira apa saja ketrampilan yang wajib dimiliki oleh para pencari kerja di zaman now? Berikut ulasannya dari DuitPintar.com.

1. Komputer

Ketrampilan mengoperasikan program komputer secara umum wajib dimiliki. Paling tidak Microsoft Office, terutama Word. Namun bukan hanya mengetik, dalam program itu banyak hal yang juga mesti dikuasai, misalnya membuat header, table, hingga ekspor tulisan ke format lain, seperti PDF.

Program Office penting lainnya adalah Excel. Khususnya kalau Anda berniat cari kerja di divisi yang banyak berkaitan dengan administrasi. Akan lebih bagus kalau menguasai program lainnya, seperti Adobe, Corel, hingga content management system (CMS) pada blog atau situs. Setidaknya tahu dasarnya sehingga mengerti ketika ada tugas kantor yang berkaitan dengan program-program itu Anda sudah mahir.

2. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mutlak dikuasai kalau ingin karier lebih maju. Dalam pekerjaan, bisa jadi butuh sumber informasi dalam bahasa Inggris. Misalnya buku atau artikel tertentu. Kalau kerja di perusahaan multinasional, apalagi internasional, bahasa Inggris juga menjadi bahasa komunikasi dengan kolega serta klien.

Ambil kursus dulu kalau merasa bahasa Inggris yang Anda miliki kurang mumpuni. Dalam kehidupan sehari-hari, bisa belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu asing sambil melihat lirik lagu atau menonton film dengan subtitle bahasa Inggris.

Cara lainnya adalah berteman dan berkomunikasi dengan orang luar di media sosial, misalnya Facebook. Cari teman yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris agar tidak grogi. Contohnya orang Filipina atau Jepang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Dunia Internet

Ilustrasi Wanita Karir (iStockphoto)

Teknologi informasi juga menjadi ketrampilan yang mesti dikuasai kalau ingin cari kerja. Malah, ketrampilan ini bisa membantu mendapatkan pekerjaan. Misalnya dengan mendaftar di situs pencari kerja dan memiliki akun di LinkedIn. Keahlian di bidang digital juga bisa berkontribusi dalam kemajuan karier. Sebab, saat ini banyak hal bisa dilakukan via Internet, dari menjalin koneksi hingga mencari referensi untuk pekerjaan di kantor.

 

3 dari 3 halaman

4. Networking

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Jaringan alias network adalah segalanya dalam karier. Tanpa skill networking, karier sangat mungkin terhambat lantaran tidak punya penyokong di lingkaran terdekat. Hal ini mencakup keahlian berkomunikasi dan kejelian untuk memanfaatkan situasi. Untuk meraih ketrampilan ini, banyak-banyaklah bersosialisasi dan mengamati sikap serta perilaku orang-orang.

Dari pengamatan itu kita bisa belajar menebak apa yang diinginkan orang lain dan menyesuaikan diri, agar mampu menempatkan diri tanpa menyinggung orang tersebut. Bahkan dari penyesuaian diri itu kita bisa membangun jaringan yang bermanfaat buat kesuksesan karier.

5. Membuka diri

Ketrampilan ini mungkin kelihatannya gampang didapatkan. Tapi sering kali orang membatasi diri pada perubahan, padahal zaman berubah begitu cepat dan kita harus membuka diri untuk menerima serta beradaptasi. Adaptasi di sini termasuk belajar hal baru setiap hari agar tidak tersisih.

Makanya, keterbukaan mesti diutamakan agar bisa menyesuaikan diri. Pencari kerja zaman now tidak boleh berpikiran seperti pencari kerja jadul. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.