Sukses

Membanggakan, Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days Selesaikan Misi

Tim ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days baru saja menyelesaikan pendakian ke tujuh gunung tertinggi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Awal 2018 menjadi awal tahun yang baik bagi tim ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days, pasalnya tim ekspedisi ini baru saja menyelesaikan pendakian terakhir ke Gunung Cartensz Pyramid. Dengan pendakian tersebut, tim ekspedisi telah merampungkan pencapaian mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia hanya dalam 100 hari.

Tri Hardiyanto, juru bicara tim ekspedisi kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2018) mengatakan, pendakian Cartenz berbeda dengan 6 pendakian sebelumnya. Pendakian Cartenz memalui jalur Sugapa sangat membutuhkan kemampuan fisik, teknik, dan mental.

“Trekking lewat jalur ini memang lebih lama ketimbang melalui freeport atau menggunakan helikopter, dan jelas banyak tanangan tersendiri jika melalui jalur Soanggama ini,” ungkap Tri.

Bahkan, menurut penuturan Tri, setelah menempuh perjalanan 6 hari dari Desa Soanggama, Anton Apriyantono harus terhenti di Danau Larson akibat kondisi kesehatannya, selain juga adanya hantaman cuaca yang ekstrem.

Saat melanjutkan perjalanan dari Camp Nasidome menuju Lembah Danau-danau, trek pendakian semakin terjal, ditambah cuaca yang ekstrem, yaitu hujan berkabut, sehingga suhu udara menjadi semakin dingin. Tiba sore hari pukul 15.00, dua pendaki lain, yaitu Tri dan Mila langsung mempersiapkan diri untuk melakukan pendakian ke Puncak  Cartenz Pyramid dini hari pukul 01.30 WIT.

Pada titik ini, pendaki perlu memahami kemampuan “ascending” untuk bisa sampai ke puncak. Kontur yang terjal ditambah bebatuan yang tajam menjadi tantangan yang harus dihadapi Tri dan Mila.

Akhirnya setelah 7 jam 30 menit perjalanan mendaki, tepat pukul 09.00 WIT Mila Ayu dan Tri Hardiyanto tiba di atap tertinggi Indonesia, Puncak Carstensz Pyramid. dengan pencapaian itu lengkap sudah Ekspedisi pendakian 7 puncak tertinggi Indonesia dalam 100 hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Baru

Keberhasilan menapaki puncak Cartenz, gunung paling tinggi di Indonesia, menjadi penanda keberhasilan tim ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days memecahkan beberapa rekor sekaligus, yaitu Tri Hardiyanto sebagai pendaki pria 7 summits Indonesia tercepat, dan Mila Ayu Hariyanti, sebagai pendaki wanita 7 summits Indonesia tercepat.

"Sayang Pak Anton yang seharusnya masuk pendaki pria tertua tercepat tidak bisa masuk, karena tidak summits Cartensz," ungkap Tri. 

 

 

3 dari 3 halaman

Rekor MURI

Setelah berhasil dalam ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days, Tri mewakili tim ekspedisi menuturkan, “Kami sangat bangga dapat menyelesaikan misi pendakian ke tujuh gunung tertinggi di Indonesia, dan juga dapat mendaki Cartenz, salah satu dari jajaran 7 summits dunia.”

Tri dan tim berharap, pencapaian ini bisa menjadi pemacu wisata gunung sehingga makin digemari masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Setelah beres administrasi dan dokumentasi, kami segera menghubungi MURI untuk mendaftarkan pemecahan rekor,” ungkap Tri saat dihubungi Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.