Sukses

Cara Unik Disney dan Marvel Bercerita Melalui Beragam Produk

Melalui berbagai produk, Disney dan Marvel berkolaborasi menciptakan cerita yang seru.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu Disney dan Marvel? 2 perusahaan besar ini berkolaborasi dalam berbagai pembuatan karakter superhero dan karakter anak-anak. Dalam acara Marvel Creative Day Out yang diselenggarakan di Kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara pada Jumat (12/1/2018), Allen Au-Yeung selaku Vice President Creative, The Walt Disney Greater China menjelaskan tentang bagaimana cerita dan karakter-karakter Marvel dibawa ke dalam beragam desain fashion, produk rumah tangga, dan desain produk lainnya.

"Disney dikenal sebagai the best story teller. Oleh karena itu, kami ingin menceritakan sebuah cerita Marvel melalui beragam produk yang dibuat," kata Allen Au-Yeung kepada Liputan6.com ketika ditemui pada Jumat (12/1/2018).

Disney dan Marvel merancang beragam jenis pakaian yang bisa digunakan untuk semua kalangan. Allen mengatakan bahwa semua produk yang ia produksi melihat dari pasar Marvel itu sendiri. Ia melihat bagaimana pecinta Marvel bisa semakin terikat dengan Marvel dan Disney.

Tidak sekadar menjual produk dari beragam karakter superhero, Marvel juga menjual produknya sebagai gaya hidup. Gaya hidup yang dimiliki oleh karakter Marvel diaplikasikan ke dalam berbagai produk yang sedang dibutuhkan dan memiliki fungsi bagi semua orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produk yang dibuat Marvel

Marvel merancang beragam produk yang memang dibutuhkan dan memiliki fungsi bagi semua orang. Allen bersama tim membawa karakter Marvel dalam produk alat tulis, permainan, produk rumah tangga, dan beragam fashion item.

"Marvel juga berusaha menyentuh penggemarnya melalui produk rumah tangga yang memang dibutuhkan. Seperti, kendaraan, mesin cuci, vacuum cleaner, dan lain sebagainya," kata Allen.

Marvel juga membuat fashion product yang bisa digunakan oleh semua kalangan. Dalam sebuah wawancara ekslusif, Allen menunjukkan sebuah handbag yang merupakan fashion product khusus wanita. Handbag di desain dengan begitu sederhana dengan motif print dari karakter Marvel.

"Ketika membuat sebuah produk untuk semua kalangan, kami melakukan sejumlah riset. Fashion item yang cocok kami rancang. Karakter Marvel yang terkesan hanya untuk kalangan pria, namun bisa diaplikasikan kepada produk wanita. Sehingga wanita pun juga bisa menggunakan produk yang fashionable namun tidak menghilangkan signature dari Marvel," ujar Allen.

Dari tampak luar, handbag tersebut terlihat begitu elegan dengan warna hitam dan motif print karakter Marvel. Namun Allen memasukkan signature Marvel di bagian dalam handbag. Di mana handbag tersebut memiliki lapisan kain berwarna merah yang mencirikan Marvel.

"Marvel tidak hanya membuat produk yang sudah diperkirakan orang. Namun juga merancang produk yang membuat orang terpukau. Ini menggambarkan betapa besar dan kuatnya Disney sebagai sebuah perusahaan," ucap Allen.

3 dari 4 halaman

Produk yang membawa pesan

Melalui produk yang dijual ini pula, cerita dari Marvel Universe tidak hanya sekadar menceritakan tentang superhero namun juga cerita bahwa sebenarnya para superhero ini juga adalah manusia dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Allen, semua orang memiliki makna sendiri soal superhero. Melalui karakter yang dikeluarkan Disney, Pixar, Starwars, dan juga Marvel, semua orang bisa memilih superhero yang mereka inginkan. Meskipun setiap produksi memiliki emosi manusia yang berbeda

"Ini juga berbicara tentang bahwa superhero itu juga manusia. Di mana ketika siang dia menjadi manusia dan ketika malam dia menjalankan tugasnya sebagai superhero. Karena pada akhirnya kita harus hidup dalam realita," kata Allen.

Allen menambahkan ada pesan lain yang ingin disampaikan Marvel kepada para penggemarnya melalui produknya. Di mana baik Disney, Pixar, Marvel, dan juga Starwars adalah sebuah grup perusahaan besar dan juga brand yang mempresentasikan tentang kemanusian melalui karakter superheronya. Dan melalui produknya ini pula, esensi dari seorang superhero disampaikan kepada para konsumen.

"Ada sebuah cerita tersembunyi di mana bagaimana saya sebagai bagian dari Disney, menyampaikan cerita kepada para konsumen. Di mana ketika mereka membawa produk kami ke rumah, ada cerita yang bisa disampaikan. Kami ingin melalui produk ini, orang bisa merasakan makna yang cukup mendalam ketika mereka memakainya," ujar Allen

4 dari 4 halaman

Cara penjualan

Untuk bisa menjangkau penggemarnya di seluruh dunia, Marvel dan Disney memanfaatkan semua partner bisnis di dunia. Mereka juga menggunakan semua channel penjualan, seperti retailer dan e-commerce untuk mendukung penjualan produknya.

"Saya berasal dari China. Dan e-commerce menjadi kesuksesan dari sebuah bisnis," ujar Allen.

Di Indonesia, Disney menjual produknya melalui salah satu retailer lokal Indonesia untuk menjangkau penggemar Marvel di Indonesia. Kerja sama ini pun sudah berlangsung selama 6-7 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini