Sukses

Indonesia Coffee Event 2018, Saat Kopi Ciptakan Kebersamaan

Dari diskusi di warung kopi, terciptalah ide-ide yang dapat memajukan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Kopi telah lama hadir sebagai budaya bangsa Indonesia. Dari dulu hingga kini istilah "ngopi" atau menikmati kopi terus ada. Namun kini ngopi juga banyak dinikmati oleh generasi muda dengan budaya nongkrong di warung kopi.

Secara tidak langsung, kopi pun menyatukan orang-orang. Dari diskusi di warung kopi, terciptalah ide-ide yang dapat memajukan bangsa. Padahal hanya berawal dari nongkrong di warung kopi.

Tren ngopi ini berdampak pada semakin dikenalnya profesi pembuat kopi alias barista. Tidak banyak yang tahu, kopi yang dinikmati ternyata terbentuk oleh formulasi panjang dan eksperimen tanpa henti dari para barista.

Barista pun perlu memiliki kompetensi untuk menghadirkan produk paling optimal. Kompetisi yang mengasah kemampuan meramu kopi bertebaran di seluruh pelosok negeri, memenuhi rasa haus berkompetisi para barista yang kebanyakan masih tergolong muda.

Indonesia Coffee Event (ICE) 2018 menyiapkan diri tak hanya menjadi panggung perlombaan, tetapi juga menjadi ajang pertemuan barista antar daerah untuk saling bertukar cerita dan pengalaman. Kompetisi kopi nasional tahunan ke tujuh ini memiliki tujuan awal mencari barista terbaik di Indonesia untuk kemudian dikirim sebagai delegasi pada ajang kompetisi dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Coffee Event 2018, Saat Kopi Ciptakan Kebersamaan

Ketua Panitia Indonesia Coffee Events 2018, Yudistira Bawono mengatakan, kompetisi tahun ini juga membuktikan bahwa kopi sanggup mempererat kebhinekaan. Kopi lokal mendapat tempat berpromosi, dan peserta perwakilan dari berbagai kota di Indonesia bertanding menghadirkan kopi terbaiknya.

Ada empat jenis kompetisi yang nantinya akan dipertandingkan yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC), dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC).

 

3 dari 3 halaman

Indonesia Coffee Event 2018, Saat Kopi Ciptakan Kebersamaan

"Seluruh pemenang dari ICE 2018 nantinya akan diberangkatkan untuk bertanding ke ajang kejuaraan dunia, seperti di Amsterdam, Dubai, dan Brasil," ujar Yudistira, di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Penikmat kopi pun tak perlu melongo karena tidak mengerti kompetisi di ICE. Di sana juga terdapat Coffee Village yang menyediakan puluhan stand warung kopi dan marchandise. ICE 2018 akan diselenggarakan di Pakuwon Mall Surabaya 19-21 Januari 2018 dan PIK Avenue Mall Jakarta 1-4 Februari 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini