Sukses

Berkhasiat untuk Kecantikan, Jangan Anggap Remeh Cuka Putih

Liputan6.com, Jakarta Cuka putih adalah ramuan serbaguna yang sering digunakan untuk keperluan perawatan kulit wajah. Hal ini karena cuka putih mengandung sifat astringent yang mampu mengobati berbagai kondisi kulit bermasalah. Selain itu, diketahui bahwa cuka putih mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengandung masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dan lain-lain.

Akan tetapi, sangat penting untuk menggunakan cuka putih dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang efektif dan nyata. Cuka putih dapat menjadi bagian dari rutinitas kecantikan Anda untuk mengatasi masalah kulit wajah.

1. Pigmentasi kulit

Untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, Anda bisa menggunakan cuka putih dengan jus bawang. Caranya, campurkan 1 sendok teh cuka putih dan 1 sendok teh jus bawang merah dengan 2-3 sendok teh air mawar. Aplikasikan bahan-bahan tersebut di wajah Anda dan biarkan kering selama 10 menit. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Gunakan perawatan seminggu sekali untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit yang menganggu Anda.

1 dari 3 halaman

Atasi masalah kecantikan dengan cuka putih

2. Menghaluskan kulit

Anda bisa menggunakan cuka putih dan tepung beras untuk menghaluskan kulit. Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh cuka putih, 1 sendok teh tepung beras, dan 2 sendok air mawar. Pijat wajah Anda dengan campuran tersebut dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan perawatan ini dengan campuran tersebut secara mingguan.

3. Komedo

Komedo di wajah menjadi hal yang paling mengganggu dan menunjukkan kulit yang kotor dan kusam. Anda bisa menggunakan cuka putih dan stroberi untuk membersihkan komedo dari wajah Anda. Caranya, hancurkan dua buah stroberi menjadi pasta. Campurkan pasta tersebut dengan satu sendok teh cuka putih. Letakkan campuran tersebut di area wajah yang berkomedo kemudian pijat selama beberapa menit. Bilas wajah Anda dengan air hangat. Pengaplikasian secara mingguan akan membuat kulit wajah Anda bersih bebas komedo.

4. Membersihkan pori-pori

Selain cuka putih, Anda juga jangan meremehkan khasiat dari tanah liat. Tanah liat mampu membersihkan pori-pori jika dicampur dengan cuka putih. Caranya, buat ramuan 1 sendok teh cuka putih, setengah sendok teh tanah liat dan 1 sendok makan air mawar. Kemudian, iris lempengan tanah liat yang sudah dicampur dengan bahan-bahan tadi kemudian letakkan di bagian wajah yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan pembersih yang ringan dan air hangat. Jadikan ramuan ini sebagai perawatan mingguan Anda untuk memastikan pori-pori Anda tetap bersih bebas kotoran.

2 dari 3 halaman

Atasi masalah kecantikan dengan cuka putih

5. Kulit kering

Kulit kering membuat Anda sulit mengaplikasikan makeup. Tak hanya itu, kulit kering juga menimbulkan kesan yang tidak sehat di wajah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cuka putih yang dicampur dengan olive oil. Caranya, kombinasikan 1 sendok teh cuka putih dengan 2 sendok teh olive oil. Kemudian usap campuran tersebut di seluruh kulit di wajah Anda. Diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

6. Bekas jerawat

Jerawat mampu meninggalkan noda hitam di kulit. Anda bisa menghilangkannya dengan cuka putih yang dicampur dengan gel lidah buaya. Caranya, masukkan 1 sendok teh cuka putih dan 2 sendok teh gel lidah buaya ke dalam mangkok. Campur semua bahan kemudian oleskan di seluruh wajah dan leher. Biarkan semua bahan tersebut bekerja di kulit Anda selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan pembersih ringan dan juga air hangat. Gunakan ramuan ini sebagai bagian dari rutinitas kecantikan mingguan Anda untuk memudarkan bintik-bintik jerawat yang membandel.

Artikel Selanjutnya
5 Bahan Rumahan Ini Bikin Perawatan Rambut Tak Harus Ke Salon
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah Pilih, Ini Pembersih yang Cocok dengan Kulit Anda