Sukses

Beriklan Rasial, H&M Minta Maaf

Retail asal Swedia H&M sempat mengeluarkan sebuah iklan yang dinilai rasial kemudian meminta maaf.

Liputan6.com, Jakarta Retail asal Swedia H&M sempat mengeluarkan sebuah iklan yang dinilai rasial. Atas iklan tersebut, retail tersebut telah meminta maaf dan berjanji tidak akan menjual produk tersebut.

Iklan tersebut menunjukkan seorang model anak berkulit hitam mengenakan hoodie bertulisan "coolest monkey in the jungle". Iklan tersebut dinilai rasial karena mengaitkan anak kulit hitam dengan monyet.

Iklan tersebut pun sempat viral dan menyedot perhatian banyak orang. Iklan kontroversial itu adalah untuk penjualan pakaian tersebut di Inggris. Karena menuai banyak protes, H&M pun meminta maaf.

"Gambar ini telah dihapus dari semua laman H&M dan kami meminta maaf kepada siapa saja yang telah tersinggung," tulis H&M dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Sky.com, Selasa (9/1/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beriklan Rasial, H&M Minta Maaf

Berbagai anggapan negatif tentang iklan tersebut datang dari berbagai lapisan. Penyanyi Kanada The Weeknd, misalnya yang menyatakan bahwa dirinya sangat terkejut dan malu.

LeBron James, seorang bintang basket menyatakan bahwa iklan tersebut sangat rasial. Ia pun menuliskan bahwa ia melihat anak berkulit hitam itu sebagai Sang Raja Muda. Ia adalah penguasa dunia, tentara yang tidak terkalahkan.

 

3 dari 3 halaman

Beriklan Rasial, H&M Minta Maaf

"Kami orang Amerika keturunan Afrika akan selalu melawan batas, membuktikan bahwa orang salah, dan bekerja lebih keras," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.