Sukses

Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga, Bisakah?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang langsing dan bugar memang menjadi impian semua orang. Namun, aktivitas yang padat membuat Anda memiliki pola makan yang tidak teratur dan tidak memiliki waktu untuk olahraga. Waktu libur yang Anda miliki, lebih baik Anda gunakan untuk istirahat setelah sepekan bekerja. Dengan begitu, keinginan untuk memiliki tubuh langsing dan bugar hanya menjadi wacana belaka.

Dilansir dari Brightside pada Rabu (10/1/2018), ada beberapa penelitian dan menemukan tips yang akan membantu Anda mengurangi berat badan tanpa olahraga dan tanpa diet. Apakah bisa? Coba lakukan tips berikut:

1. Jangan lupa minum

Air menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh Anda. Air sangat membantu metabolisme tubuh jika diminum dalam waktu tepat. Sebaiknya Anda minum 1-2 gelas air putih pada 30 menit sebelum makan. Dengan cara ini, proses metabolisme Anda akan dimulai dengan segar karena perut Anda sudah terisi sebagian. Dengan begitu, Anda akan makan lebih sedikit dari yang seharusnya. Hidrasi akan membantu Anda mengurangi perilaku mengudap makanan manis.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 4 halaman

2. Perhatikan makanan yang Anda makan

Buatlah makan menjadi ritual kecil. Caranya duduklah di meja makan. Jangan terburu-buru, jangan coba melakukan hal apa pun, jangan memikirkan hal apa pun, jangan menonton TV ataupun berbicara di telepon. Anda harus fokus dengan makanan Anda. Perhatikan apa yang Anda makan dan bagaimana Anda memakannya. Ini akan membantu Anda mencicipi makanan Anda lebih jelas dan makan lebih sedikit. Selain itu, Anda akan makan dengan selambat mungkin.

3. Gunakan piring yang lebih kecil dengan sumpit

Ambillah piring yang lebih dan ambil makan sesuai dengan kapasitas piring tersebut. Anda makan lebih lambat dengan menggunakan sumpit. Ini akan membantu Anda merasa kenyang dengan jumlah makanan yang sedikit. Jika Anda kesulitan menggunakan sumpit, Anda bisa menggantinya dengan sendok kecil.

4. Tidur lebih

Jika Anda tidur, Anda tidak akan makan. Selain itu, tidur nyenyak memiliki dampak yang besar pada metabolisme yang baik dan kadar hormon yang tepat untuk membantu Anda tetap fit. Anda tidak melakukan apa pun ketika tidur tapi tubuh Anda akan membakar sekitar 50-100 kalori per jam.

2 dari 4 halaman

5. Tidur dalam dingin

Penelitian dari National Institues of Health mengatakan bahwa tidur dengan suhu 19 derajat Celsius akan membantu Anda membuang kalori karena membakar lemak untuk menjaga suhu tubuh Anda.

6. Tambahkan pembakar lemak

Jika Anda kesulitan mengontrol jenis makanan yang Anda makan, Anda bisa menambahkan pembakar lemak pada makanan Anda, seperti salmon, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, paprika pedas, dan teh hijau. Semua jenis makanan ini akan membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dengan lebih efisien. Aroma jeruk dan peppermint pun bisa mengurangi nafsu makan Anda.

7. Lupakan larangan

Jika Anda ingin makan kue atau cokelat lebih baik dimakan pada pagi hari. Dengan begitu, ada waktu di siang hari untuk membakar kalorinya. Larangan yang ketat hanya akan membuat Anda stres dan hasilnya tingkat hormon yang buruk akan lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

8. Sikat gigi

Biasakan menyikat gigi setiap habis makan. Ini akan mencegah Anda untuk mengambil porsi makan lagi. Sebab, rasa makanan menjadi aneh ketika mulut Anda ada rasa mentol dari pasta gigi. Kemudian, Anda akan memiliki rasa malas untuk menyikat gigi berkali-kali setiap kali Anda makan.

9. Tertawa

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, saat Anda tertawa, energi yang dikeluarkan meningkat hingga 20 persen. Selain itu, otot di perut akan bekerja lebih keras sehingga dapat mengecilkan perut Anda.

10. Gunakan pengompres panas

Pemanasan akan membuat Anda berkeringat sehingga menyingkirkan cairan yang tidak perlu di tubuh Anda. Caranya, gunakan kompres panas jika Anda ingin mengubah ukuran di bagian tubuh tertentu. Yang paling populer digunakan adalah kompres garam atau jahe.

Artikel Selanjutnya
Cinta Ditolak karena Gemuk, Mos Berubah Jadi Langsing dan Ganteng
Artikel Selanjutnya
Pantas Berat Badan Cepat Turun Saat Diet Mayo, Ternyata...