Sukses

Kuku Kuning? Ini Cara Termudah Perbaikinya

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan cat kuku dan penghapusnya yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku. Kuku Anda menjadi bernoda dan tampak tidak menarik serta tidak sehat dengan kuku menjadi warna kuning.

Dilansir dari Boldsky pada Minggu (7/1/2018), ada cara ampuh yang mampu menghilangkan warna kuning pada kuku dengan berbagai bahan yang dapat Anda temui di rumah.

1. Baking soda

Baking soda berfungsi sebagai pengelupas kulit atau exfoliating yang mampu menghilangkan noda kuning. Caranya, campur 2 sendok teh baking soda dengan 3-4 sendok teh air. Baluri kuku Anda dengan bahan tersebut dan tunggu hingga beberapa menit sebelum Anda membilasnya. Cobalah cara ini sekali seminggu untuk menghilangkan noda dari kuku Anda.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah obat yang paling efektif untuk menghilangkan noda kuning di kuku Anda. Kombinasikan beberapa tetes minyak ini dengan minyak zaitun dan oleskan ke area kuku yang terlihat kuning. Biarkan selama 10-15 menit. Setelah selesai, bilas kuku dengan air. Ulangi perawatan ini setiap minggu untuk mendapatkan kuku yang bebas noda.

1 dari 4 halaman

Kuku Kuning? Ini Cara Termudah Perbaikinya

3. Cuka sari apel

Sifat asam dari cuka sari apel dapat secara efektif menghilangkan perubahan warna pada kuku Anda. Taruh setengah sendok teh cuka apel ke dalam mangkuk yang penuh dengan air. Rendam kuku Anda dalam larutan tersebut selama 5-10 menit. Gunakan larutan ini setiap minggu.

4. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida diketahui mengandung zat pemutih yang mampu mengatasi warna kuku secara efektif. Larutkan 1 sendok makan hidrogen peroksida dalam mangkuk besar yang berisi air hangat. Rendam kuku Anda ke dalam larutan tersebut selama 3-4 menit sebelum membilasnya. Ulangi proses ini setiap minggu.

2 dari 4 halaman

Kuku Kuning? Ini Cara Termudah Perbaikinya

5. Jus jeruk

Jus jeruk merupakan sumber asam sitrat yang mampu memutihkan kuku kuning. Celupkan kapas ke dalam jus jeruk yang baru diekstrak. Gosok ke seluruh kuku yang bernoda. Diamkan 4-5 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat. Perawatan ini bisa Anda coba 2-3 kali dalam seminggu.

6. Pasta gigi pemutih

Pasta gigi pemutih bisa berguna untuk menghilangkan perubahan warna pada kuku Anda. Oleskan sedikit pasta gigi ke seluruh kuku dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air. Proses ini bisa Anda coba 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kuku bersih dan jernih.

 

3 dari 4 halaman

Kuku Kuning? Ini Cara Termudah Perbaikinya

7. Juniper Berries

Juniper Berris dapat memberikan keajaiban pada kuku Anda yang bernoda karena mengandung disinfektan dan pemutih. Campurkan bubur Juniper Beri yang terdiri 5-6 buah dengan 1 sendok teh air mawar. Oleskan pasta tersebut ke seluruh kuku dan diamkan selama 20 menit. Kemudian cuci dengan air hangat. Ulangi perawatan ini 4-5 kali seminggu.

Artikel Selanjutnya
5 Bahan Rumahan Ini Bikin Perawatan Rambut Tak Harus Ke Salon
Artikel Selanjutnya
Tanpa Menggunakan Apapun, Cara Terbaik untuk Mengeringkan Rambut