Sukses

6 Makanan yang Tak Terduga Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidak selamanya makanan sehat adalah sayur dan buah, makanan ini juga ternyata sangat sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru biasanya dimulai dengan resolusi makan lebih sehat. Anda pun mulai memilih-milih makanan yang sehat yang mungkin identik dengan sayur dan buah.

Namun, tidak selamanya makanan sehat adalah sayur dan buah. Dengan kombinasi menu makanan dan tidak dimakan secara berlebihan, banyak makanan yang sebenarnya sehat.

Bahkan, ada beberapa makanan yang tak terduga bermanfaat bagi kesehatan. Melansir dari Tastemade, Sabtu (6/1/2018), berikut daftarnya.

1. Dark chocolate

Cokelat pada umumnya mengandung banyak gula, makanya sering dikategorikan sebagai makanan kurang sehat. Apalagi jika dimakan secara berlebihan. Namun, cokelat dengan kadar tinggi lebih dari 70 persen atau yang sering disebut dengan dark chocolate umumnya tidak mengandung banyak gula.

Studi menunjukkan konsumsi dark chocolate dalam porsi kecil setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat. Namun ingat, jangan makan makanan ini banyak-banyak, ya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Makanan yang Tak Terduga Bermanfaat untuk Kesehatan

2. Kopi

Seringkali kopi dicap buruk. Namun, sebenarnya kafein dalam kopi bisa ditemukan di banyak minuman selain kopi. Misalnya minuman energi hingga minuman cokelat. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan seperti menambah awas dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Kentang

Kentang dipercaya mengandung karbohidrat yang membuat tubuh melar. Namun, sebenarnya kentang juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan tekanan darah. Cobalah variasi memasak kentang yang lebih sehat seperti dipanggang, bukan digoreng.

 

3 dari 4 halaman

6 Makanan yang Tak Terduga Bermanfaat untuk Kesehatan

4. Es krim

Siapa yang tak suka makanan manis menyegarkan ini? Namun, banyak orang yang takut makan es krim karena dapat membuat tubuh melar. Siapa yang sangka ternyata es krim justru dapat membantu menjaga berat badan tubuh normal jika dimakan rutin setiap hari dengan jumlah tak lebih dari dua scoop perhari.

5. Popcorn

Meski dipercaya mengandung banyak lemak, popcorn juga mengandung serat pangan yang bermanfaat bagi kesehatan. Memakannya dalam jumlah yang tak berlebihan dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

 

4 dari 4 halaman

6 Makanan yang Tak Terduga Bermanfaat untuk Kesehatan

6. Cabai

Makan cabai berlebihan memang berbahaya bagi kesehatan pencernaan. Namun, jika dimakan dalam jumlah yang seimbang, cabai dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga menjadikan tubuh tetap langsing. Cabai juga mengandung vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini