Sukses

18 Alasan Selandia Baru Jadi Destinasi Liburan Anda Selanjutnya

Dikenal dengan permandangan indah, area pesisir panjang dan warga setempat yang sangat ramah, Selandia Baru patut dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mulai rencana petualangan di tahun ini. Salah satu tempat yang dapat memenuhi kebutuhan Anda yakni Selandia Baru. Dikenal dengan permandangan yang indah, area pesisir yang panjang dan warga setempat yang sangat ramah, Negeri Awan Putih ini juga menawarkan banyak hal untuk Anda coba.

Jika Anda mengunjungi Selandia Baru untuk berpetualang atau untuk tujuan wisata lainnya, Anda akan menemukan 18 alasan baik untuk memulai perjalanan ke Aotearoa/Selandia Baru melalui informasi berikut.

Menuju Laut Lepas dengan Volvo Ocean Race di Auckland

Telah 37 tahun berlalu sejak perlombaan ini diselenggarakan pertama kalinya dan kini menjadi pertandingan di laut lepas yang paling bergengsi di dunia, menguji kemampuan para pelaut dan kapal. Dimulai dari Alicante di Spanyol pada Oktober tahun ini dan menepi di The Hague di Belanda pada Oktober 2018, para pesaing akan menempuh 45.000 mil laut, mengarungi empat lautan dan melewati enam benua.

Menyatukan dunia pelayaran, pelabuhan lainnya yang dilewati juga termasuk Cardiff, Guangzhou dan Cape Town. Dengan "demam" berlayar yang menyelimuti Selandia Baru setelah memenangkan America Cup, Auckland akan menjadi tempat untuk menikmati Volvo Ocean Race, mulai 24 Februari hingga 18 Maret. Kota ini menjanjikan banyak aktifitas di darat dan di laut untuk tetap menghibur para penggemar selama berminggu-minggu masa perlombaan. Anda disarankan untuk segera merencanakan perjalanan Anda untuk menghadiri acara ini. 

Ikuti Jalur Kauri Kuno di Northland

Ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk berekspedisi secara mandiri di Northland, membantu para pengunjung untuk memahami peranan penting dari pohon kauri dalam sejarah Selandia Baru, baik mengenai suku Māori maupun keturunan Eropa. Dimulai dari Desa Maungaturoto yang berlokasi 90 menit dari Auckland, Jalur Kauri Kuno adalah jalur yang dapat ditempuh sendiri yang membuka jaringan pedesaan yang menawan. Berhentilah di Museum Kauri di Matakohe untuk melihat pameran yang mengesankan, lalu berkendaralah melalui Ruawai, Kumara Capital di Pelabuhan Kaipara, sebelum berbelok menuju Puncak Tokatoka.

Anda juga dapat mendaki selama 20 menit dan memanjakan mata dengan pemandangan yang spektakuler dari puncak. Jalanlah sedikit lebih jauh maka Anda dapat menemukan beberapa pantai dan danau yang memukau. Namun yang wajib Anda lihat Hutan Waipoua yang merupakan tempat tumbuhnya pepohonan kauri terbesar di dunia, termasuk Raja Hutan, Tane Mahuta. Semua tempat ini dapat diakses dengan sedikit berjalan kaki. Anda dapat check-in untuk satu atau dua malam di The Heads Omapere (dibuka 1 Desember), apartemen villa dengan pemandian air panas pribadi dan perapian luar ruang di pinggir Pelabuhan Hokianga, Selandia Baru, yang indah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

18 Alasan Selandia Baru Jadi Destinasi Wisata Anda Selanjutnya

Memanjakan diri dengan anggur Aotearoa

Ada lebih dari 450 pengalaman anggur yang bisa Anda temukan pada situs resmi anggur Selandia Baru, dan pada tahun 2018, akan ada semakin banyak alasan untuk berkunjung ke Selandia Baru jika Anda tertarik dengan kultivasi anggur. Toast Martinborough, yang diselenggarakan tiap November di Wairarapa, menjanjikan pengalaman yang berkesan. Atau Anda dapat mengunjungi FAWC, atau Food And Wine Classic di Hawkes Bay, yang juga diselenggarakan di bulan November.

Dorong perahu Anda dan jelajahi Cloudy Bay di jantung Pulau Selatan di Malborough, dimana para pemilik ladang anggur dapat menyiapkan segalanya dari hidangan tester hingga hidangan yang meningkatkan nafsu makan anda atau tur anggur dengan helikopter. Cloudy Bay juga menawarkan tur anggur dan kuliner untuk setengah atau satu hari di atas kapal Beneteau Oceanis – Anda cukup memilih saja.

Bersepeda keliling Selandia Baru

Selandia Baru merupakan surga bagi para pesepeda berkat banyaknya jalur yang bagus dari National Cycleway, Nga Haerenga, ke jalur pinggir kota yang lebih kecil. Jika tingkat kesehatan dan kebugaran Anda membuat Anda berpikir dua kali untuk bersepeda, jangan khawatir, karena belakangan ini ada revolusi e-bike di Selandia Baru. E-bike tersedia untuk disewa di setiap kota besar dan di berbagai jalur utama, dari Jalur Otago Rail sampai Jalur Twin Coast di Northland.

Atau Anda juga bisa menaiki Over the Top Helicopters dengan membayar lebih mahal, karena tur via udara ini menawarkan tur e-bike seharian penuh melalui jalur pedalaman yang hanya bisa diakses dengan menaiki helikopter. Atau Anda juga dapat bergabung dengan Real Journeys untuk melihat Danau Wakatipu dari atas Puncak Walter. Jika Anda seseorang yang kompetitif, maka Anda akan senang mendengar bahwa Skoda Mountain Bike Race (10 Maret), yang dapat membawa para pesepeda ke Lembah Motatapu, kini memuat kategori e-bike.

Datanglah ke Dark Sky Sanctuary 

Setelah mendapatkan sertifikasi International Dark Sky Sanctuary pada tahun 2017, Aotea/Great Barrier merupakan satu-satunya pulau di dunia ini untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan. Pulau yang berluas 285 kilometer persegi di pinggir luar Teluk Hauraki ini hanya memiliki 885 penduduk tanpa sumber listrik retikulasi (benar-benar terisolasi!), sehingga tempat ini menghasilkan polusi cahaya yang minim, dan membuat pulau ini tempat yang spektakuler untuk mengamati bintang. Untuk memaksimalkan petualangan bintang Anda, ambillah bantuan Good Heavens. Tim lokal Ambassador Dark Sky menyediakan tur untuk mengitari pantai dan berkeliling rumah pantai – bahkan mereka pun akan melayani Anda jika Anda mau.

3 dari 5 halaman

18 Alasan Selandia Baru Jadi Destinasi Wisata Anda Selanjutnya

Melihat Warbird dari Wanaka

Merayakan 30 tahun pemandangan di langit, Warbirds over Wanaka International Airshow merupakan salah satu festival aviasi yang sangat disukai di dunia. Pertama kali diadakan oleh Sir Tim Wallis, pilot veteran yang mencari cara untuk memamerkan koleksi pesawat Perang Dunia II pribadinya, acara dua tahunan ini diselenggarakan setiap tahun genap pada Paskah (30 Maret – 1 April 2018), dan menarik sampai 50.000 penggemar aviasi.

Wanaka merupakan salah satu daerah di Selandia Baru yang sangat indah. Dibingkai dengan pemandangan pegunungan yang dramatis, area ini merupakan titik termegah di Pulau Selatan. Untuk pertunjukan udara, jalanan akan ditutup dan seluruh penduduk kota di sekitar akan menonton, sementara Bandara Wanaka akan sibuk dengan datang dan perginya berbagai pesawat. Anda dapat mengagumi rangkaian pesawat dari era awal penerbangan yang membuat kejutan dengan berbagai trik aerobatik serta bermacam pesawat modern yang berterbangan dalam jarak dekat.

Dunia Seni Wearable di Wellington

World of WearableArt Awards Show, atau dikenal sebagai WOW, merupakan acara utama dari agenda tahunan Wellington, dan menonjolkan karya dari para desainer dunia yang terinovatif, dimana para couturier berlomba demi hadiah yang senilai lebih dari $165.000. Dengan serangkaian acara, hal yang paling ditunggu adalah pameran beberapa karya yang terhebat. WOW telah digambarkan sebagai “tumbukan teater, mode dan seni”, dan dengan tahun 2018 sebagai tahun ke-30 setelah dimulai di sebuah pondok pedesaan di Nelson, mereka akan menampilkan segala karya yang fantastis. Jika Anda tidak dapat mengunjungi Wellington pada musim semi (September), namun ingin merasakan factor WOW ini, kunjungi WOW Gallery in Nelson dimana karya milik semua pemenang dari tiap musim dipajang.

Rayakan 150 Tahun Bir di Alam Terbuka West Coast

Salah satu destinasi alam terbuka Selandia Baru, dataran West Coast yang tidak rata di Pulau Selatan sedari dulu telah menjadi tempat para manusia gunung dan buruh tambang. Dataran yang dilalui angina ini amat sangat memukau. Konon, salah satu hal yang paling ampuh untuk tetap membuat para pelopor ini bahagia adalah bir. Monteith’s Brewing Company telah berada di sana dari awal, dan menyegarkan para manusia yang haus ini. Dalam perayaan ke-150 tahun pada tahun 2018, Monteith’s akan mengadakan beberapa pesta dan membawakan beberapa bir baru yang dibuat khusus untuk merayakan hal ini. Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk tiba di Greymouth daripada dengan menggunakan kereta TranzAlpine. Masinis khusus akan mengantar Anda dan Anda dapat beristirahat di pinggir api unggun dan mencari tahu apa yang membuat Monteith’s selalu dikunjungi.

Selamat Hari Hobbit di Hobbiton

Dengan ulang tahun Frodo dan Bilbo Baggins pada 22 September, Hari Internasional Hobbit akan dirayakan di Hobbiton pada tahun 2018. Perayaan pada hari itu terdiri dari tur keliling Shire yang dimulai saat petang. Para penggemar akan diajak melalui lahan seluas 4,85 hektar ini, mempelajari detil yang mempesona tentang bagaimana tempat-tempat syuting film ini dibuat. Tiba di The Green Dragon Inn, Anda akan memiliki banyak waktu untuk bersantai di depan perapian terbuka dan menikmati ale dan cider khas Middle Earth. Lalu Anda akan dapat berjalan-jalan di sekitar pasar dimana kios-kios bertema menjual peralatan Hobbit, keju lokal, roti, daging berbumbu dan produk segar. Sementara itu, para penghibur akan berbaur dengan para pengunjung dan mengitari sekeliling. Ketika hidangan buffet dihidangkan, Anda harus menahan diri dan tidak terlalu terburu-buru menyantap, karena menurut tradisi Shire, Anda dianjurkan menyantap ronde kedua. Untuk mengakhiri malam, Anda akan berjalan mengikuti jalur yang diterangi oleh lentera – benar-benar seperti dalam mimpi! 

4 dari 5 halaman

18 Alasan Selandia Baru Jadi Destinasi Wisata Anda Selanjutnya

Menaklukkan Lord of the Rings di Wildwire Wanaka

Bagi banyak orang, Tahun Baru menjadi waktu untuk menantang diri sendiri dan menetapkan tujuan hidup yang baru. Jika itu terdengar seperti Anda, Wild Wire’s Waterfall Adventure di luar Wanaka bisa menjadi tujuannya. Para pemanjat naik menggunakan sistem ferrata ("jalan besi"), yang dibangun sejak Perang Dunia I. Ada tiga pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan. Anda bisa memilih antara Go Wild (pendakian terpendek), Wild Thing (dua jam tambahan untuk mobilitas ke atas), dan puncak naik, Lord of the Rings, yang mencakup sebuah perjalanan di belakang air terjun setinggi 6m dan melibatkan helikopter. Anda tidak perlu memiliki pengalaman mendaki- selama Anda bisa menaiki tangga, Anda bisa melakukan Wild Wire - dan semua cara Anda akan dibantu oleh pemandu terlatih dan terjamin dengan peralatan keselamatan terbaik. 

Rotorua adalah kota bilingual pertama di New Zealand

Sejak diakui sebagai salah satu dari tiga bahasa resmi New Zealand 30 tahun yang lalu (bersama bahasa Inggris dan bahasa isyarat), Māori akhirnya diberi status resmi. Untuk lebih meningkatkan bahasa mana (prestise), Rotorua telah dinyatakan sebagai kota bilingual resmi pertama di New Zealand. Telah diakui sebagai tujuan wisata yang sangat digemari, di Rotorua terdapat aktivitas termal, petualangan aksi, dan sorotan budaya. Dengan bahasa Te Reo (bahasa Māori) yang dibuat lebih mudah diakses dan terlihat, pengunjung internasional akan merasakan emosi yang lebih dalam dengan kekayaan budaya dari tangata whenua (orang-orang di tanah air) - dan dengan penandaan bilingual yang bermunculan di seluruh wilayah, termasuk panel interpretasi, manuhiri (pengunjung) akan segera menggunakan kata-kata Māori pada korero (percakapan) mereka. Kapai (bagus)!

Auckland merayakan ulang tahun Sky Tower yang ke-21

Sky Tower adalah salah satu ikon kota Auckland - membantu pengunjung yang ingin menikmati pemandangan ikonik Auckland yang sangat dicintai. Dan Sky Tower akan segera bertambah umur, merayakan hari jadinya yang ke-21 di tahun 2018. Dengan ketinggian 328m, Sky Tower adalah bangunan tertinggi di Selandia Baru dan menawarkan pemandangan 360 derajat. Di hari yang cerah, Anda bisa melihat ke barat ke Waitakere Ranges, melintasi Pelabuhan Waitemata yang berkilau dan Bombay Hills dari selatan. Jika Anda berani, Anda kemungkinan ingin mencoba SkyWalk atau SkyJump. Anda bisa naik lift kaca ke Sky Lounge untuk menikmati secangkir teh, bersantap di restoran bergulir Orbit, dan setelah itu mengunjungi kasino di lantai bawah.

Berkreasi di QT Hotel di Queenstown

Bagi pengunjung pecinta seni yang berkunjung ke New Zealand, mereka memiliki banyak pilihan untuk mengeksplorasi budaya kreatif. Dari taman pahat sampai galeri, studio pemahat sampai kelas master, tersedia banyak opsi untuk dilihat - masif dan sederhana - untuk dinikmati. Salah satu yang terbaru di blok artistik adalah QT Hotel di Queenstown yang memberi para tamu kesempatan untuk menikmati petualangan Selandia Baru sambil menikmati ketertarikan mereka untuk hal-hal yang bergaya. QT Hotels and Resorts terkenal dengan selera dan gaya uniknya. Stafnya dilengkapi dengan kostum unik oleh Janet Hine, desain keseluruhan ada di tangan trendsetter Nic Graham dan seninya dikurasi oleh Amanda Love. Dengan pemandangan spektakuler, lukisan, perabotan custom-made dan 69 suite butik yang telah beroperasi pada tanggal 1 Desember tahun ini, QT terlihat seperti hotel spesial pada tahun 2018.

5 dari 5 halaman

18 Alasan Selandia Baru Jadi Destinasi Wisata Anda Selanjutnya

Cinta Te Papa di Hari Valentine di Wellington

Pada tanggal 14 Februari 1998, Te Papa Tongarewa, museum nasional Selandia Baru, membuka pintunya dengan meriah - yang berarti tahun 2018 akan ditandai sebagai dua dekade keberhasilannya menjamu para pengunjung. Te Papa Tongarewa secara harfiah diterjemahkan sebagai "wadah harta" dan dengan begitu banyak keajaiban di bawah satu atap, pasti Anda ingin menghabiskan banyak waktu untuk memanfaatkan keajaiban ini sebaik-baiknya. Berkat tampilan interaktif yang menarik, Anda dapat menjelajahi budaya Māori dan Pasifik, Selandia Baru yang alami, karya seni yang signifikan dan sejarah unik bangsanya. Dengan menggunakan teknologi terbaru untuk menceritakan sejarah, masa kini, dan masa depan, Te Papa mengedukasi sekaligus menghibur. Dan untuk merayakan ke 20 tahunnya, Te Papa akan mengungkapkan sebuah galeri seni baru yang spektakuler, yang akan dibuka pada akhir Februari. Dengan rentang dua tingkat dan luas sebesar 3.980 meter persegi, galeri setinggi 8 m ini akan menampilkan seni skala besar dan mendalam, rangkaian pameran baru yang menakjubkan dan karya ikon dari koleksi seni nasional.

Melihat cahaya di Festival LUX Light Wellington

Festival cahaya yang dibuka kepada umum secara gratis di bulan Mei ini bagaikan obat bagi mata yang sakit, mengubah padang pasir Wellington menjadi ruang menawan yang meriah dengan cahaya, seni, desain dan teknologi. Semakin berani dan cerah setiap tahunnya, LUX Light Festival (Te Ao Marama) menampilkan patung cahaya imajinatif yang menerangi sudut dan celah di seluruh kota, mengubah ruang dan menyebabkan pengunjung berhenti dan berpikir bahwa mereka mungkin sedang bermimpi. Menawarkan lebih dari sekedar cahaya, Lux juga akan memiliki berbagai kegiatan untuk semua umur, pameran seni dan seniman pertunjukan, dengan fokus khusus pada seniman dan pelukis Māori kontemporer. 

Sambutlah Hope Springs di Kaikoura

Setelah serangkaian gempa bumi di tahun 2016, kota wisata Kaikoura yang mempesona hancur: jalan dan jalur kereta api ditutup, lanskap berubah - bahkan dasar lautnya berada dalam keadaan bergejolak. Sayangnya, beberapa atraksi alam hilang, tapi yang baru, Hope Springs, muncul ke permukaan. Ditemukan oleh pria lokal Matt Foy dan Conner Stapley dari Kaikoura Kayaks, fitur baru yang menakjubkan ditemukan di perairan dangkal di Semenanjung Kaikoura yang diperkirakan disebabkan oleh gempa tersebut, Hope Springs sudah pasti akan menjadi objek wisata bersama keajaiban lainnya Kaikoura - paus, lumba-lumba, anjing laut dan burung. Cara terbaik untuk melihat keajaiban baru ini? Tentu saja, dengan tur kayak yang dipandu. 

Rasakan sensasi perjalanan seru baru dari AJ Hackett

AJ Hackett telah berada di garis depan wisata petualangan Selandia Baru selama hampir 30 tahun. Orang yang mengimpikan lompatan bungy telah bertanggung jawab atas segala macam pengalaman mendebarkan dan sekarang ada yang baru yang dikerjakan. Sebagian besar rinciannya rahasia, tapi yang pasti, pada tahun 2018 akan ada pengalaman baru di Nevis. Tentunya dengan nama "Nevis Thriller", akan menggabungkan kecepatan bungy, flight dan serious, yang menjanjikan untuk mendorong orang ke batas dengan cara yang tidak dibayangkan sebelumnya. Jika dorongan adrenalin ini masih kurang, keindahan alam lokasi Sungai Nevis, air hijau sejuk dari pencairan salju dan pegunungan Otago Tengah yang dramatis akan menambahkan dimensi indah ke petualangan baru ini.

Dapatkan pelatihan untuk Golden Oldies di Christchurch 

Menjanjikan "kegembiraan, persahabatan dan persaudaraan", permainan Golden Oldies di Christchurch pada bulan April 2018 adalah perayaan olahraga selama satu bulan dengan fokus kepada peserta dewasa. Menampilkan bola basket, kriket, bola netball, bola rumput, squash, softball rugby, golf, sepak bola dan hoki, acara dua tahunan ini menarik penggemar dan tim olahraga dari seluruh dunia. Besarnya cinta terhadap olahraga yang sebesar rasa keinginan untuk menang, Anda tidak harus menjadi anggota tim yang ada untuk ambil bagian, karena banyak tim menginginkan pemain ekstra. Dengan menghubungi penyelenggara sebelum acara, ada kemungkinan Anda bisa masuk ke tim. Tidak ada batasan usia, peserta bisa saja hanya berusia 35 tahun. Dengan 10.000 pendatang yang diharapkan berkumpul di kota, permainan ini akan menjadi acara dengan jumlah peserta terbesar di Christchurch yang pernah ada dan juga merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah Golden Oldie, dimana semua acara diadakan dalam satu lokasi yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini