Sukses

Wujudkan Kesan Pertama Terbaik pada Relasi dan Teman Kencan Baru

Kesan pertama selalu penting untuk membangun citra dengan relasi baru, teman baru bahkan calon pacar baru. Ini Tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Membangun relasi punya banyak manfaat untuk hidup Anda. Dengan memiliki relasi yang luas, Anda bisa mendapat berbagai informasi yang bisa berguna bagi keperluan Anda. Lebih dari itu, orang-orang yang di jaringan relasi tersebut juga bisa menjadi bala pertolongan di kala Anda mengalami suatu kesulitan hingga menemukan teman kencan.

Ada berbagai hal yang menentukan sukses atau tidaknya seseorang membangun relasi dengan orang lain. Salah satu yang berpengaruh adalah kesan pertama atau first impression. Anda membutuhkan kesan pertama yang baik kala bertemu orang baru agar bisa membangun relasi dengan orang tersebut.

Bagaimana cara menampikan kesan pertama yang baik saat bertemu relasi atau teman kencan baru? Melansir halaman Business Insider pada Kamis (4/1/18), berikut adalah tiga kiatnya.

Pendengar yang baik

Dalam sebuah pertemuan, orang yang bisa mendengarkan secara efektif akan mudah untuk membangun percakapan. Perhatikan apa yang menjadi isi perbincangan teman bicara Anda sehingga Anda bisa memberi respons yang nyambung. Pastikan agar porsi Anda mendengar tidak dikalahkan dengan porsi Anda berbicara.

Orang yang berbicara terlalu banyak bisa membuat teman bicaranya menjadi malas untuk melanjutkan perbincangan. Apalagi saat kencan pertama, bila Anda tidak nyambung dengan pembicaraan dijamin dia tak akan menghubungi Anda lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Baik dalam mendengar maupun berbicara, Anda perlu fokus dalam sebuah percakapan dengan orang lain. Upayakan agar Anda tak melakukan perbincangan sambil memainkan ponsel karena hal ini akan menimbulkan kesan Anda meremehkan teman bicara atau seolah tak tertarik dengan perbincangan tersebut atau bahkan tak suka dengan diri teman bicara itu.

 

3 dari 3 halaman

Pemilihan kata

Ilustrasi Foto Kencan (iStockphoto)

Pilihan kata yang tepat dengan konteks pembicaraan akan berpengaruh pada kualitas perbincangan Anda dengan orang lain.

Pilihan kata yang kurang sesuai bahkan bisa menimbulkan citra tertentu mengenai diri Anda, misalnya kasar, sombong, cerdas, dan lain sebagainya.

Ini juga berkaitan dengan sikap dan cara Anda berbicara. Orang yang berbicara dan bersikap rendah hati cenderung akan mudah membangun percakapan dan kesan pertama yang baik. Terutama bila Anda sedang mengharapkan kencan pertama ini menjadi awal dari sebuah hubungan cinta berikutnya.

Bio In God Bless

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.