Sukses

4 Cara Mengatasi Mood Swing yang Datang Tiba-Tiba

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan mood yang berubah-ubah, dari yang tadinya baik-baik saja menjadi sangat tidak menyenangkan? Efeknya, pekerjaan Anda jadi terganggu dan perasaan yang tidak enak pun muncul. Inilah yang dinamakan mood swing.

Hal ini dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bisa karena suasana, lingkungan maupun hormon. Sebagai cara menanggulanginya, berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mood swing yang terjadi pada Anda.

1. Perbaiki Jadwal Tidur

Seperti yang telah banyak diketahui, untuk orang dewasa disarankan tidur antara tujuh sampai delapan jam perhari. Jika hal ini diabaikan, maka mood Anda bisa berantakan dan kesehatan tubuh pun terganggu. Jika Anda merasa jam tidur kurang dari yang dianjurkan, sebaiknya Anda mulai mengatur jadwal supaya mendapatkan waktu yang cukup untuk memperbaiki jadwal tidur. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 3 halaman

2. Keluar Sejenak Saat Siang Hari

Ilustrasi Foto Gaya Hidup Wanita (iStockphoto)

Pergi ke luar di siang hari, bahkan jika hanya selama 15 menit, dapat membantu Anda mendapatkan paparan sinar matahari yang bisa meningkatkan mood. Apalagi bagi Anda yang pergi bekerja sebelum matahari terbit dan pulang setelah terbenam.

3. Berolahraga

Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi segar dan melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan mood serta energi. Bonusnya, tidur Anda pun akan terasa lebih nyenyak.

2 dari 3 halaman

4. Konsultasi dengan Orang Terdekat atau Profesional

Ilustrasi Foto Gaya Hidup Wanita (iStockphoto)

Jika Anda sudah mencoba semua hal di atas dan Anda masih tidak merasa memiliki mood yang bagus, jangan ragu untuk menceritakan masalah yang Anda rasakan ke teman atau orang yang Anda percayai. Selain itu, dokter atau konselor kesehatan mental mungkin akan bisa membantu dengan terapi dan hal lainnya yang bisa membuat mood Anda semakin baik secara medis.

(Rizqi Rosmalawati)

Artikel Selanjutnya
Suka Makan Cokelat Saat Menstruasi? Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Biasa Bangun Pukul Berapa? Ini Maknanya Bagi Kehidupan Anda