Sukses

Ingin Sehat dan Bahagia? Dapatkan Manfaat dari Bersepeda

Liputan6.com, Jakarta Menikmati hidup dengan bersepeda tak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan lho! Berjalan-jalan dengan mengendarai sepeda membuat tubuhmu bergerak aktif sehingga kualitas kesehatan akan terajaga. Tanpa Anda sadari, bersepeda mampu mengubah tubuhmu lebih sehat. Apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Saat Anda bersepeda, hampir semua anggota tubuh aktif, dari kaki hingga mata yang selalu wasapada saat mengayuh sepeda. Hal inilah yang membuat otot pada tubuh mengalami peningkatan aktivitas sehingga otot menjadi lebih fleksible. Selain itu, keseimbangan tubuh juga terlatih dengan bersepeda.

2. Memperbaiki Kardiovaskular

Bersepeda adalah olahraga kardio, sehingga akan berefek pada kinerja jantung dan paru-paru. Selain itu, bersepeda juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah dan menguatkan otot jantung. Dengan turunnya kolesterol jahat, maka akan meminimalisasi resiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung pun mampu lebih efektif mengantarkan darak dan oksigen ke seluruh tubuh. Manfaat bersepeda yang satu ini sangat baik untuk menghindari Anda dari penyakit stroke, serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Merawat Sendi

Sendi-sendi pada kaki dan tangan akan bekerja lebih aktif saat Anda bersepeda. Selain itu, sendi lainnya seperti sikut, lutut, pergelangan kaki dan tangan juga akan lebih aktif. Mobilitas yang baik pada sendi di tubuh akan membuatnya lebih fleksibel.

4. Menjaga Berat Badan

Jika Anda ingin kurus, cobalah untuk bersepeda. Manfaat bersepeda tak hanya menghindari dari penyakit kardiovaskular, tapi juga membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Pembakaran kalori mampu menjaga berat badan tetap ideal. Maka, jika ada tak punya banyak waktu untuk berolahraga, maka bersepedalah kemanapun selama mampu Anda jangkau dengan sepeda.

5. Menurunkan Tingkat Stress

Saat Anda bersepeda, maka hormone endorfin akan keluar. Hormon ini memberikan rasa nyaman dan suasana hati lebih bahagia. Selain itu, hormone endorfin mampu mengurangi rasa sakit. Rasa yang tak nyaman mampu membuatmu stress. Maka, dengan bersepeda, penurunan level stress pun akan terjadi dan Anda pun memiliki mood yang selalu bahagia.

6. Menurunkan Berbagai Resiko Penyakit

Manfaat bersepeda bagi tubuh lainnya adalah dengan menstabilkan produksi insulin karena tubuh bergerak aktif. Kanker usus besar pun bisa lebih diminimalisir resikonya dan juga penyakit diabetes. Hidupmu pun lebih berkualitas dengan sering bersepeda.

7. Menyehatkan Pernafasan

Anda merasa nafas dengan terengah-engah? Sebaiknya perbanyaklah olahraga. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda. Bersepeda sangat menyehatkan sekaligus menyenangkan. Dengan kebiasaan bersepeda ini, maka nafas akan terasa lebih ringan dan teratur.

Bersepeda saat liburan pun bisa Anda lakukan dimana saja, termasuk Bali. Di Ubud, Bali terdapat kawasan yang sangat menyenangkan untuk dijelajahi dengan sepeda yaitu Ubud Rice Field. Disana, Anda bisa menyusuri area hijau asri yang masih dikelilingi sawah, pepohonan dan bukit kecil. Ada harga khusus untuk Anda yang ingin menikmati Ubud Rice Field Cycling dengan voucher Lakupon. Ada diskon hingga 80% DISINI.

 

Artikel Selanjutnya
Ayo Ceritakan Keunikan Kotamu Sambil Menyantap Sarimi
Artikel Selanjutnya
4 Trik Jitu yang Bikin Wanita Cepat Hamil